Bersihkan Sampah Kiriman, DLH Gianyar Turunkan Ratusan Tenaga Kebersihan - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

6/26/18

Bersihkan Sampah Kiriman, DLH Gianyar Turunkan Ratusan Tenaga Kebersihan


Gianyar, Dewata News. Com - Sejak sepekan yang lalu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar bersama Trush Hero dan komonitas kebersihan lingkungan, serta perbekel di wilayah pesisir dan masyakat melakukan pembersihan pantai dari sampah kiriman. Hal itu diungkapkan Kepala DLH Gianyar, Wayan Kujus Pawitra, Senin (26/7).

Lebih lanjut dikatakanya, sampah kiriman sebagian besar berupa sampah organik ranting ranting pohon, akar pohon dan lainya. "Hampir disemua bibir pantai di kabupaten gianyar mendapat kiriman sampah akibat hujan deras dan angin barat. Sampah dibawa oleh arus kemungkinan dari laut lain dan sebagian juga dari hulu," jelasnya.

Diungkapkanya, kegiatan pembersihan pantai dari sampah kiriman diintensikan sejak sepekan yang lalu. Setiap hari DLH menurunkan petugas kebersihan rata-rata 100 orang petugas, dua armada truk sampah berserta petugas pengangkutan dan juga menurunkan Satgas Kebersihan. " Kita turunkan 100 tenaga kebersihan diluar tenaga pengangkut sampah," tegasnya.

Kujus menjelaskan, kegiatan pembersihan pantai dilakukan secara berkelanjutan setiap hari. Hanya saja dilakukan pagi atau sore hari, tergantung cuaca pada saat tidak hujan. "Biasanya kalau hari ini dibersihkan, apabila ada hujan lagi angin lagi, maka sampah kiriman akan banyak lagi. Karena itu harus dibersihkan secara berkelanjutan," jelasnya. 

Untuk hari ini, pembersihan dilakukan  pada sore hari, pukul 15.00 wita. Meliputi pesisir pantai  Saba, Masceti, hingga Cucukan. " Sore ini kita melibatkan 200 personil petugas kebersihan dan terkumpul 4 truk ranting kayu dan 2 motor viar sampah plastik," jelasnya. 

Menurutnya, pesisir pantai di wilayah Gianyar selalu mendapatkan sampah kiriman. Hanya saja volumenya tidak sebanyak di Pantai lain. "Syukurnya volume sampah kiriman tidak sebanyak dipantai lain seperti kuta atau lainya," pungkasnya. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com