Peringati Hari Nelayan Nasional ke-58, Klungkung Gelar Festival Bahari - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

5/22/18

Peringati Hari Nelayan Nasional ke-58, Klungkung Gelar Festival Bahari


Klungkung, Dewata News. Com - Dalam rangka memperingati Hari Nelayan Nasional ke-58, serta meningkatkan kecintaan terhadap bahari, Pemerintah Kabupaten Klungkung melalui Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan (PPK) Kabupaten Klungkung menggelar Festival Bahari 2018. Festival dibuka Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Klungkung Ketut Suayadnya di Wantilan Pura Segara, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Senin (21/5). Kegiatan yang baru pertama kalinya digelar ini berlangsung selama tiga hari, hingga Rabu (23/5).

Kadis PPK Wayan Durma selaku Ketua Panitia menyampaikan, digelarnya kegiatan ini adalah sebagai upaya meningkatkan kecintaan terhadap laut dan bahari. Menurutnya, jumlah nelayan di Kabupaten Klungkung terus berkurang akibat kurangnya minat generasi muda menekuni profesi ini. Selain itu para nelayan juga eggan melaut akibat factor cuaca yang menyebabkan berkurangnya tangkapan ikan.

Atas kondisi itulah Pemkab Klungkung menggelar Festival Bahari  2018. Selain untuk meningkatkan harkat dan martabat taraf hidup nelayan serta pelaku usaha, kegiatan ini juga bertujuan untuk peningkatan produksi, produktivitas nelayan dan petani garam. Ditambahkan, khusus untuk pengembangan usaha, pemerintah menyediakan sumber pebiayaan yang murah, mudah dan terjangkau melalui kredit KUR.

Dalam event ini akan diselenggarakan berbagai kegiatan diantaranya sarasehan temu kemitraan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku usaha perikanan dan keluarga. Selain itu digelar pula lomba  lomba diantaranya Lomba Mancing, Lomba Perahu Hias, lomba merajut jaring dan lomba photo bahari untuk tingkat SMA/SMK.

Sementara itu, Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Klungkung Ketut Suayadnya mengucap syukur, Festival Bahari tahun 2018 telah berjalan dengan baik, meski pelaksanaannya sempat diundur dari jadwal semestinya. Asisten Ketut Suayadnya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk lebih banyak mengkonsumsi ikan, karena mengandung unsur yang berguna dan bermanfaat bagi tubuh manusia. Seperti kandungan omega 3, 6 dan 9 yang bermanfaat bagi kecerdasan otak. “Semoga melalui event ini akan dapat meningkatkan taraf hidup para nelayan melalui kegiatan kegiatan ketrampilan serta menumbuh kembangkan kewirausahaan nelayan melalui temu kemitraan para pelaku usaha dan pihak perbankan,” ujarnya.

Pembukaan festival bahari diakhiri dengan penyerahan secara simbolis, klaim Asuransi Nelayan kepada ahli waris Wayan Rudita serta bantuan beras Toko Tani Indonesia kepada KK Miskin. Bersama undangan lainnya, Asisten Ketut Suayadnya juga berkesempatan meninjau stand pameran kuliner berbagai produk olahan masakan ikan laut oleh masyarakat sekitar.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com