Miliki Kesamaan, Pemkab Buleleng Siap Bangun Kerjasama dengan Pemprov Kaltara - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

5/18/18

Miliki Kesamaan, Pemkab Buleleng Siap Bangun Kerjasama dengan Pemprov Kaltara


Tanjung Selor, Dewata News. Com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng menyatakan kesiapan untuk menjalin kerjasama dengan pemerintah provinsi termuda di Indonesia yaitu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara).  Kesiapan tersebut dikarenakan Buleleng memiliki kesamaan dengan Kaltara dalam beberapa bidang.

Hal tersebut terungkap saat rombongan Pemkab Buleleng yang dipimpin Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG melakukan kunjungan ke Provinsi Kaltara dalam rangka Orientasi Kehumasan yang diselenggarakan oleh Bagian Humas dan Protokol Satkab Buleleng. Rombongan diterima di Gedung Pemprov Kaltara, Tanjung Selor, Kamis (17/05).

Wabup Sutjidra menjelaskan ada beberapa kesamaan hal antara BUleleng dan Kaltara. Salah satunya adalah prioritas pembangunan yaitu dalam bidang pertanian. Menurutnya, lahan di Kaltara sangat banyak dan juga airnya sangat melimpah. Dengan potensi air tersebut, Kaltara banyak mengembangkan pertanian dan peternakan. Buleleng juga saat ini fokus dalam pengembangan bidang pertanian untuk menopang daripada Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) masing-masing. 

”Nanti akan ada kunjungan balasan dari Pemprov Kaltara ke Buleleng. Kami akan bicarakan kerjasama dalam bidang pertanian dan peternakan,” jelasnya.

Pemprov Kaltara juga mengundang Pemkab Buleleng untuk bekerjasama dalam bidang transmigrasi. Transmigran dari Buleleng yang memang ahli dalam bidang pertanian diundang untuk bisa membangun pertanian khususnya di Kabupaten Bulungan, Kaltara. Undangan ini juga disampaikan dalam pertemuan saat kunjungan ke Pemprov Kaltara.

“Kami akan tindak lanjuti bagaimana transmigran dari Buleleng yang ahli di bidang pertanian untuk bisa dibawa ke Provinsi Kaltara. Mereka juga sangat welcome dan lahan sudah disiapkan,” ungkap Sutjidra.

Sutjidra menambahkan, kerjasama juga dilakukan dalam bentuk pembibitan cengkeh dan pembibitan sapi. Selain cengkeh juga akan ditanam jambu. Khusus untuk peternakan akan dilakukan pembibitan sapi. Hal tersebut dikarenakan populasi sapi di Kaltara sangat rendah namun permintaan daging sapi sangat tinggi. Dua komoditas ini yang dibutuhkan oleh Provinsi Kaltara.

”Mungkin nanti dari PEmprov Kaltara akan melakukan kunjungan ke Buleleng. Dari kunjungan tersebut bisa dipetakan potensi-potensi apa yang bisa dikerjasamakan karena kita memiliki topografi yang sama,” imbuhnya. 

Sementara itu, Wakil Gubernur Kaltara, H. Udin Hianggio, B.Sc mengatakan, bahwa untuk sumber daya pertanian, perkebunan, dan peternakan, Kaltara memiliki lahan yang sangat luas. Sekarang ini yang sudah dan sedang digarap adalah potensi air untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Dengan potensi air ini juga dimanfaatkan untuk pertanian terutama untuk persawahan.

”Kami disini memiliki potensi air yang sangat melimpah yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian,” katanya.

Disinggung mengenai kerjasama dengan Pemkab Buleleng, hal ini berkaitan dengan potensi alam yang sangat besar di Provinsi Kaltara. Potensi alam ini bisa dikerjasamakan seperti perkebunan. Perkebunan cengkeh di Buleleng dan juga Kaltara memiliki perkebunan lada serta merica. Dua perpaduan tersebut bisa dikerjasamakan antara Buleleng dan Kaltara.


”Kami siap untuk bekerjasama dalam bidang pertanian dan perkebunan. Selain itu, kami buka juga peluang untuk warga Buleleng yang mau transmigrasi ke Kaltara,” tandasnya. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com