Bupati PAS Buka PKB Buleleng ke-40 dan Buleleng Expo II-2018 - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

5/18/18

Bupati PAS Buka PKB Buleleng ke-40 dan Buleleng Expo II-2018


Buleleng, Dewata News. Com — Ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST di panggung terbuka pelataran eks Pelabuhan Buleleng, Kamis (17/05) malam kegiatan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-40 Kabupaten Buleleng dan Buleleng Expo II-2018 dibuka secara resmi.

Mendampingi Bupati PAS sapaan akrab Putu Agus Suradnyana saat pemukulan gong malam itu, Consulat Cina, Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Perwakilan Kementerian Pariwisata, serta Sekda Buleleng Ir. Dewa Ketut Puspaka.MP.

Bupati PAS dalam sambutannya menyatakan, bahwa dalam usianya yang ke-40 tahun ini PKB Kabupaten Buleleng 2018 dirangkaikan dengan Buleleng Expo II sudah tidak diragukan lagi keberadaannya, karena telah dapat mengangkat citra daerah Bali dimata internasional. 

”PKB adalah kesenian yang merupakan perpaduan inspirasi dan kreativitas manusia, hasilnya diyakini sebagai penghalusbudi dan rasa manusia. Sehingga akan berdampak pada kepekaan terhadap esensi sosial kemanusiaan”, kata Bupati PAS.

Bupati PAS mengajak seluruh lapisan masyarakat agar tidak bosan-bosan mendengar, menyimak, berbuat dan berbicara tentang Pesta Kesenian Bali, karena pada hakikatnya seni itu adalah kebutuhan hidup manusia untuk menuju kesejahteraan yang lebih sempurna.

Melalui PKB dan Buleleng Expo ini, Bupati PAS berharap kebudayaan kita menjadi kebudayaan yang kreatif, suatu kebudayaan yang dapat menunjang, mempupuk dan membangkitkan kreativitas. 

”Namun, dibalik itu tentu saya sarangkan agar tetap menjaga rambu-rambu agar kebudayaan kita tidak keblabasan”, pinta Bupati PAS.

Tema yang diusung pada pelaksanaan PKB ke-40 Tahun 2018, sebagaimana dilaporkan Kadis Kebudayaan Kabupaten Buleleng, Drs.I Putu Tastra Wijaya,MM, adalah ”Teja Dharmaning Kahuripan”, yaitu Api Spirit Penciptaan atau Kehidupan.

Gelaran PKB ke-40 Kabupaten Buleleng di panggung terbuka yang berlangsung selama 5 hari, hingga 21 Mei 2018, menurut Tastra Wijaya, untuk memberi ruang uji coba kepada beberapa kesenian yang akan tampil di Provinsi, di antaranya Gong Kebyar Dewasa oleh Sanggar Seni Manik Utara dengan menampilkan Sendratari Kama Antaka. Penampilan Gong Kebyar Anak-Anak dibawakan Sanggar Seni Suara Mustika akan menampilkan Tari Legong Pengeleb. Penampilan Gong Kebyar Wanita Kusuma Jaya, Desa Pakisan, Kecamatan Kubutambahan.

Kadis Kebudayaan Buleleng, Putu Tastra Wijaya juga menyebutkan, bahwa pada akhir gelaran PKB ke-40 Kabupaten Buleleng akan dilaksanakan penganugerahan penghargaan seni Wija Kusuma. (DN ~ TiR).— 

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com