Dewan Pers: Pers Jangan ”Selingkuh” dengan Politik Praktis - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

5/16/18

Dewan Pers: Pers Jangan ”Selingkuh” dengan Politik Praktis


Jakarta, Dewata News. Com — Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo menyatakan, pada 2018 ini pers di Indonesia tengah diuji dalam menjalankan fungsinya dengan benar atau justru 'berselingkuh' dengan kepentingan politik. Pasalnya, tahun ini akan dilakukan Pilkada Serentak di 171 wilayah, 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten di Indonesia.

"Di Padang, pada tanggal 9 Februari 2018 lalu serangkaian HUT PWI dan Hari Pers Nasional,   seluruh pihak tanda tangan, membuat keputusan bersama untuk mencegah pemanfaatan media untuk politik praktis," kata Yosep.
Yosep mengingatkan, pers dan wartawan Indonesia adalah bagian dari upaya membentuk dan menjaga kesatuan bangsa. Karena itu, tugas pers harus tetap mengawal kebangsaan Indonesia termasuk menyampaikan kritik dan pandangan independen.

Dia mengungkapkan, platform media massa mungkin akan berubah, namun jurnalisme akan tetap eksis. Pada era sekarang pun, kata dia, kondisi pers Indonesia cukup baik, khususnya terkait kebebasan pers dalam menjalankan fungsinya.

"Angka kebebasan kita kalau diberi angka itu 65-70. Kondisi ini jauh lebih baik dibanding tahun lalu meski ada lembaga internasional yang menyebutkan kemerdekaan pers Indonesia ada pada urutan 124," kata Yosep.

Dia menegaskan, pers nasional merupakan wahana komunikasi massa, penyebar informasi, dan pembentuk opini yang harus lakukan asa, fungsi dan peranan dengan sebaik-baiknya berdasarkan kemerdekaan pers. Karena itu, wartawan juga berlandaskan etika jurnalistik. (DN ~ *).

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com