Dewan Buleleng ”Sharing” Kesehatan ke DPRD Lamongan - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

5/8/18

Dewan Buleleng ”Sharing” Kesehatan ke DPRD Lamongan


Lamongan, Dewata News. Com — Kabupaten Lamongan salah satu kabupaten yang telah berhasil dalam menjalankan program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional), terbuki dengan diraihnya beberapa penghargaan di bidang kesehaan, baik Nasional maupun antar kabupaten se- Jawa Timur, seperti yang disampaikan Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Lamongan, Ali Mahfud ketika menerima rombongan DPRD Kabupaten Buleleng, Selasa (08/05).

Rombongan Dewan Buleleng yang dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Buleleng Gede Supriatna,SH melakukan ”sharing” ke DPRD Kabupaten Lamongan, Jawa Timur guna mencari informasi serta masukan yang berkaitan dengan pelaksanaan JKN yang mungkin bisa diadopsi di kabupaten Buleleng.
Sebab, Pemerintah melalui Inpres Nomor 8 tahun 2017 mengintruksikan antara lain memastikan seluruh penduduk Indonesia telah terdaftar kedalam program JKN.

Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Lamongan, Ali Mahfud juga memaparkan, bahwa sebelum terbitnya Inpres no. 8 tahun 2017 di kabupaen Lamongan sudah biasa memberikan layanan kesehaan gratis khusus di kelas 3 bagi seluruh warga yang memiliki KTP Lamongan. Bukan hanya itu Kabupaten Lamongan, juga sudah memprogramkan mobil sehat bagi setiap desa yang ada di wilayah Kabupaten Lamongan.

Program yang lain juga, seperti dijelaskan Ali Mahfud, RJG –RIG rawat jalan gratis dan rawat inap gratis bagi masyarakat yang belum memiliki JKN di setiap Puskesmas dan perawatan di tingkat lanjutan khusus di kelas 3 tanpa memandang kaya ataupun miskin.

Kabupaten Lamongan juga memiliki trik jitu dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memiliki JKN, yaitu mewajibkan bagi masyarakat yang akan mengurus surat nikah sebagai salah satu persyaratannya harus sudah memiliki karu JKN-KIS, juga dengan memberdayakan bank sampah. Bahkan, ada salah satu wilayah yang membiayai iuran JKN khusus bagi warga yang kurang mampu dengan hasil pengelolaan sampah, juga dengan memberdayakan aparat Pemerinahan Kecamatan dan Desa dalam mendata dan mendorong agar warga yang belum memiliki jaminan kesehaan segera memilikinya dengan memberikan reward.

”Semua anggaran, terkait dengan program JKN khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu telah dianggarkan secara rutin dalam APBD Kabupaen Lamongan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah,” seperti disampaikan langsung Kabag Humas DPRD Kabupaten Buleleng Putra Aryana langsung dari Lamongan. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com