Buleleng Gelar Bimtek Penguatan Kapasitas SDM Pengawas Bumdes - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

5/22/18

Buleleng Gelar Bimtek Penguatan Kapasitas SDM Pengawas Bumdes


Buleleng, Dewata News. Com — Pemkab Buleleng melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kapasitas SDM Pengawas BUMDes Kabupaten Buleleng di sebuah warung makan, kawasan Pantai Penimbangan, Selasa (22/05).

Secara resmi kegiatan Bimtek ini dibuka Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG. dengan menghadirkan narasumber dari Dinas PMD Provinsi Bali dengan materi Kebijakan Pemerintah Provinsi Bali dalam Pengawasan BUMDes, Perwakilan BPKP Provinsi Bali dengan materi Peningkatan Akuntabilitas Pengawas BUMDes, Kasuddit III Ditreskrimsus Polda Bali dengan materi Peran Kepolisisan dalam Pencegahan Tindak Pidana Korupsi, dan Inspektorat Kabupaten Buleleng dengan materi Mekanisme Penyusunan Hasil Pengawasan BUMDes.

Seperti diketahui, bahwa BUMDes merupakan kegiatan perekonomian masyarakat dalam skala mikro desa yang dikelola oleh masyarakat bersama Pemerintah Desa. BumDes dibentuk untuk mendayagunakan segala potensi ekonomi, serta Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Oleh karena itu, diperlukan penguatan kapasitas SDM baik dari pengelola BUMDes maupun dari pengawas BUMDes.

Wabup Buleleng I Nyoman Sutjidra dalam sambutannya tideak menamp[ik, bahwa masih banyak BUMDes yang masih kurang paham tentang administrasi. Wabup Sutjidra menambahkan, selain untuk memahami administrasi, BUMDes juga diharuskan mampu menciptakan inovasi untuk menonjolkan potensi desa. Wabup Sutjidra berharap, desa-desa yang belum memliki BUMDes agar segera membentuk BUMDes.

”Dengan ADD yang ada, desa bisa membentuk BUMDes menggunakan dana tersebut, karena BUMDes bisa memutar roda perekonomian di desa, sehingga desa tersebut bisa menjadi desa yang mandiri,” jelasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buleleng, I Gede Sandhiyasa, S.Sos.,M.Si., mengatakan, peserta Bimtek ini sebanyak 120 orang yang terdiri dari 110 orang pengawas BUMDes, 1 orang tenaga ahli Kabupaten, dan 9 orang pendamping desa.

Sandhiyasa menjelaskan, Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pengawas BUMDes terhadap tugas pokok dan fungsinya selaku pengawas. Terkait tujuan bimtek, Sandhiyasa menyebut, untuk memaksimalkan pengawas terhadap pelaksanaan kebijakan-kebijakan yang telah disepakati bersama. Selain itu juga, dapat memberikan pemahaman dalam penyusunan laporan hasil pengawasan agar dapat dipertanggungjawabkan.

”Saya sangat memandang penting adanya Bimtek ini agar nantinya BUMDes yang dilaksanakan betul-betul pada jalur dan tujuan sesuai dengan yang diharapkan masyarakat desa,” ujarnya. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com