Wakili Klungkung Lomba KB MKJP Tingkat Nasional, UPT Puskesmas Klungkung I Dinilai Pusat - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/22/18

Wakili Klungkung Lomba KB MKJP Tingkat Nasional, UPT Puskesmas Klungkung I Dinilai Pusat


Klungkung, Dewata News. Com - UPT Puskesmas Klungkung I, Kecamatan Klungkung mewakili Kabupaten Klungkung dalam Lomba Keluarga Berencana (KB) Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) tingkat Nasional Tahun 2018. Penilaian lomba dilaksanakan Selasa (22/5/2018) oleh tim penilai pusat yang diketuai Direktur Kesertaan KB Pemerintah, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) H. Komari. Hadir dalam penilaian ini Pjs Bupati Klungkung I Wayan Sugiada, Kepala Perwakian BKKBN Provinsi Bali Catur Sentana serta instansi terkait.

Pjs Bupati Klungkung I Wayan Sugiada dalam sambutanya, berharap lomba ini dapat meningkatkan peran serta Pukesmas dalam  menurunkan angka kelahiran dengan penggunaan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP). Untuk mencapai tujuan tersebut sangat diharapkan peran serta dari pukesmas dalam membantu akses dan peningkatan kualitas pelayanan MKJP serta membantu keberhasilan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Kepada tim penilai, Pjs Bupati Sugiada berharap dapat melaksanakan penilaian secara obyektif dan transparan, serta memberikan pembinaan terhadap segala kekurangan sehingga lebih lanjut dapat disempurnakan. “Lomba ini jangan dijadikan serimonial saja, tapi jadikanlah sebagai evaluasi dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” sebutnya.

Direktur Kesertaan KB Pemerintah Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat H. Komari selaku Ketua Tim Penilai menyampaikan, BKKBN mengadakan perlombaan ini dilatarbelakangi Karena masih rendah pelayanan KB yang dilakukan oleh fasilitas pelayanan KB yang bersumber dari Pukesmas, yaitu dari 20,3% (2002/03), 16% (2007) dan terus menurun menjadi 13% (2012). Bahkan sampai dengan tahun 2012 hasil Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) masih menunjukan penggunaan kontrasepsi MKJP masih mengalami penurunan, dimana  penggunaan Intra Uterine Device (IUD) 3,9 % (SDKI 2012). Dan penggunaan Implan 3,3% (SDKI 2012). 

Namun pada tahun 2017 hasil SDKI menunjukan kenaikan yang cukup signifikan yaitu penggunaan IUD sebersar 12,1% dan Implant sebesar 4,7%, hal ini disebabkan juga karena kita terus menggalakkan penggunaan kontrasepsi MKJP di FKTP khususnya pukesmas salah satunya melalui lomba KB MKJP di tingkat Pukesmas ini. Karena hal tersebut maka perlu adanya upaya dan strategi untuk meningkatan akses dan kualitas pelayanan KB MKJP di fasilitas pelayanan KB pemerintah khususnya Pukesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan yang terdepan dan dekat dengan masyarakat yaitu melalui kegitan lomba pelayanan KB MKJP. Dan berharap dengan perlombaan ini pukesmas mempunyai kegiatan – kegiatan inovasi dalam rangka peningkatan kesertaan KB MKJP di Puskesmasnya, sehingga cakupan dan kesertaan KB MKJP semakin meningkat.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com