Baby Lobster Hasil Tangkapan Pangkalan TNI AL Denpasar Dilepas Liarkan - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/1/18

Baby Lobster Hasil Tangkapan Pangkalan TNI AL Denpasar Dilepas Liarkan

Pelepasan Baby Lobster © Foto by Pen Lanal Denpasar
Denpasar, Dewata News. Com - Pada Senin (30/04) sore, bertempat di perairan Pulau Serangan Denpasar, Pangkalan TNI AL Denpasar bekerjasama dengan Dinas Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu-Kementrian Kelautan dan Perikanan (BKIPM-KKP) Denpasar dan Avsec Bandara I Gusti Ngurah Rai melepas liarkan bibitBaby Lobster hasil tangkapan pada hari Minggu (29/4) yang lalu.

Pelepas liaran bibit Baby Lobsterdimaksudkan untuk mengembalikan habitat biota laut tersebut agar dapat hidup dan berkembang dengan baik sehingga nantinya bisa memberikan kesejahteraan bagi para nelayan dan masyarakat luas dimasa yang akan datang.
Bibit Baby Lobster yang dilepas liarkan merupakan hasil tangkapan personel Intelijen Lanal Denpasar di sebuah Villa di Jl. Dewi Saraswati II No. 6 Seminyak Kuta Bali dari upaya para penyelundup yang ingin mengeruk keuntungan pribadi. Rencananya baby lobster tersebut akan diselundupkan ke Luar Negeri dengan nilai ekonomis yang tinggi.

Dengan berhasilnya Pangkalan TNI AL Denpasar menangkap para pelaku kegiatan ilegal tersebut, penghasilan devisa negara berhasil diselamatkan. Karena kalau sampai bibit Baby Lobstertersebut berhasil diselundupkan, kerugian negara bisa mencapai Rp. 4,3 Milyard lebih.

Dalam kesempatan pelepas liaran bersama bibit Baby Lobster tersebut, Kepala BKIPM-KKP Denpasar mengatakan akan bekerjasama dengan aparat keamanan dan unsur maritim untuk memberantas upaya penyelundupan Baby Lobster ke Luar Negeri.

Sementara dari TNI AL akan selalu mendukung upaya-upaya pemberantasan kegiatan ilegal dari dan ke laut yang dapat mengancam keselamatan bangsa dan negara.

Bibit Baby Lobster yang dilepas liarkan di perairan Pulau Serangan Denpasar tersebut terdiri dari dua jenis yaitu jenis mutiara dan pasir. Dari hasil hitungan fisik yang dilakukan oleh para personel dari Dinas BKIPM-KKP ketika melaksanakan peninjauan bersama tempat penampungan di villa mewah Seminyak Kuta, ada 31.230 ekor bibit Baby Lobsteryang berhasil diamankan. Jumlah yang mati 11.320 ekor dan yang berhasil dilepas liarkan ke laut 20.000 ekor.

Dengan adanya kerjasama antara TNI AL dengan aparat penegak hukum lainnya, diharapkan upaya penyelundupan bibit Baby Lobster di wilayah Bali tidak terjadi lagi pada waktu yang akan datang. (DN - RLS)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com