Wakili Buleleng, Desa Sumberkima Dinilai Tim Provinsi - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

4/4/18

Wakili Buleleng, Desa Sumberkima Dinilai Tim Provinsi


Buleleng, Dewata News. Com — Desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak dinilai oleh Tim Penilai dari Provinsi Bali sebagai duta Kabupaten Buleleng dalam Lomba Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Provinsi Bali di Balai Masyarakat Desa Sumberkima, Rabu (4/4). Pada penilaian ini dipaparkan berbagai potensi Desa Sumberkima. Salah satunya adalah pengembangan potensi pariwisata.

Berbagai potensi tersebut dipaparkan oleh Perbekel Desa Sumberkima, Nengah Wirta dihadapan para penilai dan juga undangan yang hadir.

Menurut Perbekel Wirta, ada potensi yang besar di Desa Sumberkima yang akan dikembangkan. Salah satunya adalah pariwisata. Pengembangan ini didasari oleh semakin terkenalnya salah satu objek wisata di Sumberkima yaitu Gili Putih yang sering dan terkenal dengan sebutan Gili Putih Sumberkima (GPS). 

“Kami sedang mengembangkan pariwisata di Desa Sumberkima seiring dengan semakin melambungnya nama Gili Putih,” jelasnya.

Perbekel Wirta juga mengatakan, pengembangan pariwisata ini akan dimulai dari hulu sampai ke hilir. Di hulu, Sumberkima memiliki daerah perbukitan yang terkenal dengan nama Sumberkima Hill. Sumberkima Hill ini sedang dikembangkan dengan pembangunan beberapa akomodasi pariwisata, yaitu villa, hotel dan restoran.

Dengan pembangunan beberapa akomodasi pariwisata ini, diharapkan Sumberkima Hill mampu mengembangkan perekonomian di Desa Sumberkima. 

”Kami di hulu punya daerah perbukitan yang sedang dikembangkan, yaitu Sumberkima Hill. Pembangunan beberapa akomodasi pariwisata pun sedang dilakukan,” ujar Wirta.

Dipaparkan Wirta juga, bahwa untuk pengembangan pariwisata di hilir, GPS menjadi andalan, dan menurutnya, GPS sudah dilaporkan ke Kementrian untuk diakui sebagai pulau. Upaya penataan lingkungan di sekitar GPS juga sudah dilakukan dengan pelestarian Terumbu Karang melalui Yayasan Metamorfosa yang dibentuk oleh masyarakat Sumberkima dan juga bekerjasama dengan pengusaha, yaitu owner dari Sumberkima Hill.

”Kami lakukan konservasi terumbu karang di sekitar GPS sebagai dive spotataupun snorkeling. Konservasi ini dilakukan melalui Yayasan Metamorfosa bekerjasama dengan pengusaha, yaitu owner dari Sumberkima Hill sebagai donatur,” imbuhnya.

Asisten bidang Administrasi Pemerintahan Setkab Buleleng, Made Arya Sukerta, SH.,MH mewakili Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana,ST menyebutkan, bahwa program pemerintah saat  ini adalah menjadikan desa tumbuh dan berkembang menjadi simpul perekonomian. Sumberkima pun dinilainya sudah berhasil menjalankan program pemerintah. Hal tersebut dibuktikan dengan pengembangan potensi yang telah dilakukan oleh Pemerintah Desa Sumberkima. Maka dari itu, Desa Sumberkima dipercaya sebagai juara pertama pada tingkat kabupaten.

”Artinya apa? Desa Sumberkima sudah berhasil menggali sumber dayanya sendiri melalui konsep pembangunan dari pinggiran,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Bali yang juga sebagai Ketua Tim Penilai, Made Redy Yuliarmawan, SE.,M.Si memberikan apresiasi kepada Desa Sumberkima.

Apresiasi ini didasari oleh keseriusan Desa Sumberkima untuk mengikuti penilaian ini. ”Saya lihat dari mulai penyambutan sampai dengan pemaparan potensi, sepertinya Desa Sumberkima sangat serius dan bukan karena saya dari Kubutambahan memberikan apresiasi ini,” tandasnya. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com