LATMA CORPAT AUSINDO 2018 DITUTUP - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

4/24/18

LATMA CORPAT AUSINDO 2018 DITUTUP


Denpasar, Dewata News. Com - Latihan Bersama (Latma) Coordinated Patrol (Corpat) Australia Indonesia (Ausindo)  tahun 2018 adalah Patroli bersama secara terkoordinasi  antara TNI AL dengan Royal Australia Navy (RAN)  secara resmi ditutup oleh Komandan Gugus  Keamanan Laut Armada Timur (Danguskamlatim)  Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi, yang didampingi Atase Pertahanan (Athan) Australia untuk Indonesia Captain Matthew Brown   di   Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP)  Benoa,  Bali,   Selasa (24/4/18)

Latma Corpat Ausindo merupakan salah satu bentuk latihan bilateral antara TNI AL dengan Royal Australian Navy (RAN), yang difokuskan pada hal-hal  yang berkaitan dengan kerjasama taktis,  patroli keamanan laut di Coordinated Patrol Area Operation Alfa (CPAOA) yang terletak di perbatasan kedua negara.

Tujuan diadakan Latma Corpat Ausindo adalah untuk mempererat hubungan baik serta meningkatkan kerja sama dan kesepahaman antara angkatan laut kedua  negara,  dalam  melaksanakan patroli laut bersama untuk mendeteksi, mencegah dan mengamankan dari eksplotasi illegal sumber daya alam, terutama kegiatan illegal fishing.

Pada tahun ini  Australia sebagai penyelenggara latihan bersama,  yang dibuka  oleh Panglima Armada Royal Australia Navy (RAN) Rear Admiral (RADM) Peter Laver didampingi Pangarmatim Laksamana Muda TNI Didik Setiono S.E. M.M  di HMAS Coonawarra Naval Base Darwin, Australia, Jum’at (13/4/2018), 

Latihan bersama tersebut dimulai dari tanggal  14 s/d 23 April 2018 yang terdiri dari pelaksanaan diskusi dan patroli bersama di perbatasan perairan Indonesia dan  Australia serta   patroli bersama  disektor   Zona Ekonomi Exclusif (ZEE).


Kegiatan Latma Corpat Ausindo dibagi tiga bagian yaitu, Harbour Phase, Sea Phase dan Post Exercise Phase.  Unsur  dari TNI AL adalah KRI Layang-635,  KRI Kakap-811 dan Pesud Patmar CN 235, sedangkan dari Royal Australia Navy (RAN) adalah Kapal HMAS Broome-90 dan Pesud Patmar P-3C Orion.

Dalam pelaksanaan latihan bertindak sebagai Commander Task Group (CTG)  adalah Mayor Lewis yang menjabat Komandan kapal HMAS Broome-90, dan Komandan KRI Layang-635  Letkol Isak Rampang SE, M.Si, M.Tr. (Hanla) sebagai Deputy Commander Task Group (DCTG). 

Hadir pada acara penutupan tersebut, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) I.Gusti Bagus OkaTapayasa yang diwakili Palaksa Lanal Denpasar Mayor Laut (P) Bambang Abdullah Basuki Rahmad, Komandan KRI Layang-635  Letkol Laut (P) Isak Rapang SE, M.Si, M.Tr. (Hanla),,  Komandan KRI Kakap-811 Mayor Laut (P) Iwan Hendra Susilo ST, Perwira Lanal Denpasar, seluruh perwira  dan prajurit KRI  serta Perwira dan Crew dari Royal Australian Navy (RAN).

Rangkaian upacara penutupan  Corpat Ausindo  diakhiri dengan pemberian sertifikat kepada perwakilan peserta latihan serta pertukaran cindera mata antara Danguskamlatim dan Ahan Australia untuk Indonesia, dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

HMAS Broome-90 yang tergabung dalam Latihan Bersama (Latma) Coordinated Patrol (Corpat) Australia Indonesia (Ausindo)  tahun 2018 bersama-sama KRI Kakap-811 dan KRI Layang – 635 pada hari Senin (23/040) sekitar pukul 12.00 WIta telah merapat di Dermaga Pariwisata Pelabuhan Benoa Bali dan seperti biasa dilaksanakan acara penyambutan oleh Pangkalan TNI AL Denpasar dengan penampilan tari Puspanjali di dermaga Pariwisata Pelabuhan Benoa Bali. Hadir dalam acara penyambutan Pasops Lanal Denpasar Mayor Laut (P) Agung Ariwibowo, Pasprogar Mayor Marinir Nyoman Suarmika, Athan Austalian Navy, segenap Perwira Staf, serta anggota Lanal Denpasar.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com