Debat Cagub Cawagub Bali Cerminkan Pendidikan Politik Konstruktif - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

4/29/18

Debat Cagub Cawagub Bali Cerminkan Pendidikan Politik Konstruktif



Denpasar, Dewata News. Com - Debat terbuka pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Bali menjadi tontonan yang ditunggu masyarakat Bali untuk melihat dan mendengar langsung visi misi calon pemimpin di masa mendatang. Debat Publik paslon yang digelar KPU Provinsi Bali ini berjalan tanpa hambatan.

Paslon nomor urut 1, Wayan Koster dan Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Koster-Ace) dan paslon nomor urut 2, Ida Bagus Rai Dharma Wijaya Mantra dan Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta) sudah berhasil menuntaskan debat terbuka dan tampil dihadapan publik secara bersama-sama, Sabtu malam (28/04).
Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali Nomor Urut 1, Wayan Koster-Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Koster-Ace), tampil sangat menyakinkan pada Debat Terbuka Pemilihan Gubernur Bali 2018, di Ballroom Goodway Hotel & Resort, Nusa Dua malam itu.

Selaku jurnalis puas dengan penampilan kedua paslon saat debat terbuka malam itu di layar kaca. Koster-Ace menjawab pertanyaan tim perumus maupun pasangan lawan dengan tegas, lugas dan berkualitas.

”Masyarakat Bali disuguhkan tontonan yang sangat menarik, tontonan yang sangat mencerdaskan, dan kemudian tontonan yang bisa memberikan rasa. Tentu ini akan dapat mempengaruhi cara mereka melihat masing-masing pasangan untuk mereka pilih,” tuturnya.

Dari tontonan politik di layar kaca itu, bila dicermati cara masing-masing paslon menjawab pertanyaan, baik paslon 1 dan 2 telah mampu menyodorkan gagasan brilian dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang melanda Bali, seperti di Bidang Pariwisata, Lingkungan Hidup, Ekonomi dan Pertanian.

”Mereka tidak saja menyampaikan visi misi di awang-awang. Tetapi saat disodorkan problem nyata dengan gambar dan video, bagaimana mereka menterjemahkannya dan bagaimana mereka memberikan solusi ini tidak bisa direkayasa.”


Karena itu, edukasi politik yang konstruktif seperti ini harus terus ditingkatkan, sehingga masyarakat pemilih mengetahui dengan jelas sosok pemimpin yang akan dipilih pada 27 Juni mendatang. Ke depan untuk lebih memantapkan debat terbuka paslon cagub dan cawagub Bali, kami berharap suasana debat dapat berlangsung lebih cair, dan dapat mengkolaborasikan ide-ide antar paslon. ~ Made Tirthayasa ~

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com