Gubernur Pastika Tegaskan Bali Siap Jadi Tuan Rumah PON XXI Tahun 2024 - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

3/2/18

Gubernur Pastika Tegaskan Bali Siap Jadi Tuan Rumah PON XXI Tahun 2024


Denpasar, Dewata News. Com - Setelah mengalami kegagalan dalam bidding PON XX Tahun 2020, Provinsi Bali kembali memantapkan diri untuk mengikuti proses bidding PON XXI Tahun 2024. Segala persiapan dan perencanaan telah disusun melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali. Dengan motto "Sport, Tourism and Culture", Bali yakin lolos bidding dan menjadi tuan rumah event 4 tahunan tersebut. Hal itu disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika saat melakukan pemaparan dihadapan Tim Penjaringan dan Penyaringan Tuan Rumah PON XXI Tahun 2024 yang berlangsung di Gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Jumat (2/3).
"Kesungguhan dan kesiapan kami (Bali-red) untuk menjadi tuan rumah PON ke 21 yang meliputi kesiapan tentang sarana transportasi, akomodasi, sarana/prasarana olahraga, sumber daya manusia, keamanan dan tentu saja dukungan seluruh komponen masyarakat Bali. Sebagai wujud keseriusan Bali sebagai tuan rumah, kami akan membangun Stadion Berstandar Internadional di kawasan Jimbaran," ujar Pastika.
Disampaikan Pastika, dengan tema “Melalui PON XXI Tahun 2024 Kita Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan Untuk Mewujudkan Budaya Olahraga Menuju Prestasi Tingkat Dunia” menyiratkan spirit kepada kita semua bahwa Pekan Olahraga Nasional (PON) mampu memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhineka Tunggal Ika mampu menjadikan olahraga sebagai budaya hidup dan juga mampu mengangkat Citra anak bangsa ke dunia internasional melalui prestasi.
Ditambahkan Pastika, berkenaan dengan kesiapan provinsi Bali untuk menjadi tuan rumah Pon ke 21 tahun 2024 seluruh sarana dan prasarana telah siap mendukung suksesnya penyelenggaraan PON XXI Tahun 2024 nantinya. Dari aspek transportasi, dijelaskan Pastika jika provinsi Bali memiliki keunggulan dari provinsi lain di Indonesia. Letak pulau Bali yang secara geografis berada di tengah-tengah kepulauan Indonesia sangat mudah diakses dari seluruh wilayah di tanah air.
“Bali memiliki Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dengan kapasitas penumpang 20 juta pertahun. Saat ini airport Ngurah Rai melayani 350 penerbangan setiap hari dari seluruh penjuru tanah air dan dari berbagai belahan di dunia. Dari aspek transportasi laut, Bali memiliki 3 pelabuhan laut yang mampu menghubungkan seluruh wilayah di Indonesia yaitu Pelabuhan Benoa, pelabuhan Gilimanuk dan Pelabuhan Padangbai. Sementara dari aspek transportasi darat, Bali memiliki angkutan umum Trans Sarbagita, mobil angkutan sewa, taksi dan travel dalam jumlah yang sangat memadai,” tegasnya.
Lebih lanjut disampaikan Pastika, keunggulan provinsi Bali berikutnya adalah dari segi akomodasi. Sejumlah hotel bintang 5 sebanyak 52, bintang 4 sebanyak 59, bintang 3 sebanyak 59, bintang 2 sebanyak 25, bintang satu sebanyak 23, hotel melati sebanyak 1.031 dan Pondok Wisata sebanyak 1.025 dengan jumlah kamar seluruhnya lebih dari 45.000 buah, jumlah ini belum termasuk villa-villa yang tersebar di seluruh pelosok Pulau Bali siap untuk menampung para atlet dan official dalam mengikuti PON XXI Tahun 2024 nantinya.
"Jika Bali terpilih sebagai tuan rumah Pon tahun 2024 mendatang, kami tidak perlu lagi membangun akomodasi untuk para atlet dan official dan dari segi harga kami akan berikan potongan harga sampai 50%," ungkapnya.
Lebih jauh, sarana/prasarana olahraga di Provinsi Bali sangat memadai tersebar di 9 kabupaten kota di Bali yang memiliki jarak relatif dekat waktu tempuh antar kota kabupaten yang relative. Nantinya penyelenggaraan pertandingan berbagai cabang olahraga akan disebar ke seluruh kabupate/kota.
“Untuk venue yang sudah ada akan segera dilakukan perbaikan dan penataan sehingga memenuhi syarat untuk pertandingan cabang-cabang olahraga, dengan demikian sebelum tahun 2004 seluruh fasilitas sarana/prasarana pertandingan sudah selesai dan siap untuk digunakan,” imbuhnya.
Tak hanya itu, pendukung lainnya seperti kesehatan dan keamanan juga mendapat perhatian serius. Dari aspek kesehatan dan keamanan, Pastika mengatakan hal tersebut  tidak perlu diragukan lagi.
“Kami memiliki pengalaman dan kesuksesan dalam penyelenggaraan berbagai event bertaraf Internasional, bahkan tahun 2018 ini Bali akan menjadi tuan rumah Annual Meeting IMF-World Bank yang dihadiri pimpinan lembaga ekonomi pemerintah dan swasta lebih dari 180 negara di dunia,’ ungkap Pastika.
Lebih jauh, implementasi “Sport, Tourism and Culture” nantinya insan olahraga dari seluruh tanah air di Bali akan disuguhkan tampilan seni budaya yang adiluhung dan panorama alam yang eksotik. Berbagai atraksi seni dan budaya akan digelar selama PON berlangsung dan tentunya akan diajak mengunjungi tempat-tempat wisata d Bali yang telah terkenal ke penjuru dunia.
“Dengan demikian kami berharap sport, tourism and culture akan semakin memantapkan persatuan dan kesatuan bangsa serta mendorong pencapaian prestasi Olahraga Nasional sampai ke tingkat dunia. Dari Bali kami bertekad mewujudkan mimpi itu,’ pungkasnya.
Sementara itu, Ketua Tim Penjaringan dan Penyariangan Tuan Rumah PON XXI Tahun 2024, K. Inugroho, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Provinsi Bali yang telah sungguh-sungguh dalam menyiapkan diri sebagai calon tuan rumah PON XXI. Disampaikan K. Inugroho, Tim Penjaringan dan Penyariangan Tuan Rumah PON XXI Tahun 2024 telah melakukan pengecekan langsung ke sarana/prasarana olahraga dan pendukung lainnya untuk memastikan kesiapan Bali sebagai calon tuan rumah. Lebih lanjut diungkapkan K. Inugroho, Provinsi yang mengikuti bidding tuan rumah PON XXI yakni Kalimantan Selatan, Sumut-Aceh, Bali-NTB.
“Dari sambutan dan pemaparan yang disampaikan Pak Gubernur, kita lihat jika Bali bisa dipastikan telah siap dan serius untuk menjadi tuan rumah. Dari tanggal 28 februari hingga hari ini, Tim bidding telah melakukan kunjungan ke 32 venue. Semua sarana dan prasarana kita cek langsung meski kita akui tidak bisa memeriksa secara detail. Nanti kita akan menyampaikan laporan hasil verifikasi secara objektif pada Musornas awal bulan April 2018 mendatang,” ujar K. K. Inugroho yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum KONI Pusat. (DN - NgR)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com