Kunker di Buleleng Tengah, Bupati PAS Targetkan Perbaikan Wajah Kota - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

12/28/17

Kunker di Buleleng Tengah, Bupati PAS Targetkan Perbaikan Wajah Kota


Buleleng, Dewata News. Com —Kegiatan kunjungan kerja (Kunker) Bupati Buleleng tahun 2017 hari kedua, menyasar tiga Kecamatan di wilayah Buleleng Tengah, yakni Kecamatan Sukasada, Kecamatan Buleleng, dan Kecamatan Banjar, Rabu (27/12).

Dalam Kunker hari kedua ini, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana beserta rombingan lebih menitik beratkan pada peninjaun proyek penataan wajah kota Singaraja, seperti pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman ”Bung Karno” di Kelurahan Sukasada dan RTH Yuwana Asri di Kelurahan Banyuasri. Kedua RTH  ini merupakan upaya Pemkab Buleleng untuk mempercantik wajah Kota Singaraja.

Ketika meninjau RTH Yuwana Asri yang terletak di Kelurahan Banyuasri, telah rampung 100 persen, Bupati PAS sapaan akrab Putu Agus Suradnyana langsung meresmikan ditandai dengan penandatanganan prasasti. 

RTH Yuwana Asri ini memiliki banyak fasilitas diantaranya, panggung, joging track, sarana bermain anak-anak, dan skate park yang sudah mulai dimanfaatkan oleh masyarakat.

Berbeda dengan RTH Yuwana Asri, RTH Taman  ”Bung Karno” yang terletak di Kelurahan Sukasada ini masih dalam tahap pengerjaan. RTH Taman  ”Bung Karno” ini dibangun melalui empat tahap. Untuk tahun 2017, Pembangunan RTH ini sudah masuk tahap ketiga dengan anggaran dana sebesar Rp6,7 Miliar.

Di tahun 2018, di taman ini akan dibangun patung  ”Bung Karno” sebagai ikon utama RTH ini. Kedepannya, Taman  ”Bung Karno” ini juga dirancang menjadi kawasan HeritageBung Karno. Taman  ”Bung Karno” ini nantinya akan dikoneksikan dengan nilai sejarah Bung Karno yang ada di Bale Agung.

Plt Kadis Perkimta Kabupaten Buleleng, Ni Nyoman Surattini kepada Dewata News.com mengaku, bahwa pengerjaan pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman ”Bung Karno” mengalami keterlambatan, karena sampai dengan tanggal berakhirnya kontrak pekerjaan, hari Senen (11/12) progress fisiknya baru mencapai 97,82%.

”Untuk Taman ”Bung Karno” yang memang kontraknya sampai tanggal 11 Desember, ternyata baru mencapai 97%, sehingga dari tanggal 12 Desember, kami sudah kenakan penalty, Kami kasi kesempatan rekanan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan tetap kena denda”, ucapnya.

Plt Kadis Perkimta Kabupaten Buleleng, Ni Nyoman Surattini menambahkan, sebagai dinas yang baru terbentuk dan mulai beroperasi 6 Januari 2017 lalu mengelola anggaran dana sebesar Rp29.316.000.045.600. Dari jumlah anggaran tersebut, yang paling besar nilainya adalah DAK perumahan, menyusul RTH Taman ”Bung Karno” dan terakhir Taman Yuwana Asri.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST mengatakan, tahun 2017 pembangunan di Kabupaten Buleleng terpusat pada perbaikan wajah Kota Singaraja, sebagai bagian dari strategi Pemkab Buleleng setelah perbaikan jalan-jalan pedesaan.

Ia mengungkapkan, Pemkab Buleleng memiliki target hingga tahun 2019 untuk perbaikan wajah kota. Bupati murah senyum ini menjelaskan, selain mempercantik wajah kota, RTH ini akan mampu memberdayakan masyarakat sekitar dan mengangkat nilai sejarah. Bupati Suradnyana menambahkan, RTH ini juga bisa dimanfaatkan masyarakat untuk berkesenian.

”Pada tahun 2016 lalu, kami  fokus untuk membangun infrastruktur di pedesaan dan sudah rampung mncapai 90 persen. Untuk tahun 2017 kami kombinasikan antara pembangunan jalan dan perbaikan kawasan perkotaan. Target sampai tahun 2019 dan kami akan terus mengupayakan perbaikan kawasan Kota Singaraja agar Kota Singaraja menjadi cantik bersih dan ramah untuk masyarakat, baik itu masyarakat Buleleng dan masyarakat di luar Buleleng,” jelasnya.

Selain meninjau proyek pembangunan RTH, Pelaksanaan kegiatan kunker hari kedua ini juga meninjau proyek Revitalisasi Pasar Sukasada, Revitalisasi Pura Desa Buleleng, peresmian Kantor Lurah Kendran, Pembangunan Gedung Puskesmas Desa Pedawa, dan terakhir tatap muka bersama warga di Wantilan Kertha Locita Desa Banjar, Kecamatan Banjar.

Dalam tatap muka tersebut, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana memberikan bantuan secara simbolis kepada warga, berupa benih jeruk, saprodi, bibit sapi betina, alat pengolahan buah tamarilo, benih pisang, Power Thresser, babi persilangan, pupuk, mobil pick-up, kursi roda, bahan bangunan, bibit ikan patin beserta kolam dan alat perikanan. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com