Makna dan Fungsi Genta - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

12/15/15

Makna dan Fungsi Genta



Dewata News.com - Genta memiliki beberapa fungsi praktis diantaranya : 
1. Fungsi sebagai alat komunikasi dan menghantarkan persembahan umat 
2. Fungsi praktis sebagai alat konsentrasi 

     Apabila bentuk genta dengan aksara ongkara pranawa dibandingkan akan ditemukan adanya persesuaian bentuk dan makna. Nāda ( ) disesuaikan dengan lingga/pusuh cepaka, windu ( O ) diposisikan pada pangkal lingga yang menyatukan ke-empat kuku kawang, ardha candra ( ) disesuaikan dengan dua kuku kawang dalam posisi horizontal, sedangkan angka tiga ( O ) diposisikan sama dengan tangkai dan bogem genta, apabila hal pendekatan tersebut digambarkan akan terlihat seperti: 

       Berdasarkan kutipan di atas, tentunya dapatlah dipahami bahwa genta 
berasal dari Śiwa (ghanta mijil saking nada), dipergunakan oleh sulinggih (Śiwa sekala), secara struktur mengandung konsep Śiwa dan nada atau suara genta kembali kepada Śiwa tertinggi atau sunia, kehampaan. Secara ringkas apa yang dipaparkan di atas dapat digambarkan sebagai berikut : 
     Gambar /foto yang ada  ini akan memudahkan pemahaman terhadap makna genta sebagai penyatuan tiga konsep arah pemujaan yang direalitakan dengan kehidupan di sebuah gunung. 

    Ramya artinya rame; dalam kehidupan berarti dinamis, penuh gejolak, semarak. Śūnya artinya kosong, kehampaan, sepi, sunyi, puput, nengakna tidak bergerak. (DN ~ TiR).--

@ dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com