Kesbangpol Segera Data Ormas di Buleleng - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

12/27/15

Kesbangpol Segera Data Ormas di Buleleng

Foto (c) by : ist

Buleleng, Dewata News.com — Pasca bentrokan antar ormas di Lapas Kerobokan dan di Jl. Teuku Umar, Denpasar belum lama ini, membuat masyarakat Bali resah. Oleh karena itu, peran pemerintah sangat perlu melakukan mediasi terhadap keberadaan ormas untuk menghindari konflik.

    Pasalnya, hingga saat ini banyak ormas terbentuk di Bali. Bahkan ada ormas terbentuk secara diam-diam yang berasal dari satu wilayah kampung. Untuk meminimalisir ekses negatif keberadaan ormas tersebut, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KesbangPol) Buleleng di awal Tahun 2016, akan mendata keberadaan ormas di daerah itu.

    Yang didata misalnya asalusul pendiriannya seperti apa. “Sebab, di Buleleng, jumlah penduduk sangat padat dan hal ini perlu diantisipasi secepatnya guna mencegah terulangnya keributan,” kata Kepala Badan KesbangPol Buleleng, Ida Bagus Suadnyana di Singaraja, Minggu (27/12).

    IB.Suadnyana menjelaskan, pihaknya sudah memerintahkan jajarannya untuk segera melakukan koordinasi dan mendata keberadaan kelompok-kelompok ormas di Buleleng. Saat ini sudah dilakukan pemetaan, sekaligus sudah mendatangi kelompok atau ranting di setiap ormas di Buleleng, untuk mulai didata dan meminta identitas organisasi.

    Pimpinan ormas juga akan diundang untuk diajak berdiskusi menyamakan persepsi dalam menyampaikan misi perdamaian. Keberadaan ormas itu akan dibuatkan semacam surat dari BKBP Buleleng. “Ormas harus memiliki surat keabsahan, walaupun sudah berbentuk,” katanya. (DN ~ PB).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com