Desa Pekraman Galiukir Gelar Ngaben Masal - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

12/14/13

Desa Pekraman Galiukir Gelar Ngaben Masal



Dewata News - Tabanan

Bertepatan dengan Buda Wage Wuku Merakih, Rabu (11/12) Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengahadiri upacara pitra yadnya di Desa Pekraman Galiukir, Desa Kebon Padangan, Kecamatan Pupuan. Hadir pula pada kesempatan tersebut Mantan Bupati Tabanan N. Adi Wiryatama, Anggota DPRD Provinsi Bali Gede Suamba, Anggota DPRD Tabanan Gede Purnawan dan dinas terkait di Lingkungan Pemkab Tabanan.

Upacara pitra yadnya yang digelar masyarakat Desa Pekraman Galiukir kali ini diikuti 75 sawa dan 16 nglungah. Tidak hanya pitra yadnya, Panitia Wayan Gunawan mengatakan kegiatan masal kali ini juga dilaksanakan upacara manusia yadnya. Diantaranya metatah masal yang diikuti 112 orang, dan tiga bulanan diikuti oleh 95 orang.

Dirinya memperkirakan kegiatan kali ini menghabiskan biaya sebesar Rp. 280 juta. Dengan jumlah pekraman yang mencapai 556 KK, masing-masing sawa dikenakan biaya ngaben sebesar Rp. 3,5 juta dan metatah Rp. 150 ribu per orang. "Ngaben masal yang kami laksanakan ini merupakan agenda rutin setiap 5 tahun sekali sejak 1978 silam. Dengan kegiatan ini kami berharap dapat mempererat rasa persaudaraan dan kebersamaan yang telah terjalin selama ini," katanya.

Ngaben masal sendiri akan dilaksanakan pada Jumat (13/12) dan metatah pada Sabtu (14/12) yang dipuput dua sulinggih, diantaranya Ida Pandita Mpu Nabe Jaya Prateka Tenaya dari Griya Taman Sari Padangan dan Ida Pandita Mpu Jaya Darmika dari Griya Manik Galih, Galiukir. 

Pada kesempatan yang sama Bupati juga menghadiri ngaben masal di Suradadi, Pupuan. Upacara pitra yadnya yang dilaksanakan setiap 7 tahun sekali tersebut diikuti 60 sawa dan 5 nglungah.

Dirinya memberi apresiasi yang luar biasa atas kebersamaan yang telah dibangun masyarakat Pupuan. Bupati berharap jalinan ini dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan. Karena rasa kebersamaan dan persatuan merupakan modal dasar pemerintah dalam membangun daerah Tabanan sesuai dengan visinya, yakni sejahtera, aman dan berprestasi. "Mari dukung segala bentuk program pemerintah. Karena program pro rakyat yang dimiliki pemerintah merupakan program dari, oleh dan untuk kesejahteraan masyarakat," katanya.

Bupati perempuan pertama di Bali tersebut menambahkan, Pemkab akan selalu mengawal program-program yang dimiliki oleh masyarakat. untuk itu, pihaknya menghimbau kepada semua pihak untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi, karena apapun permasalahan yang ada dapat dipecahkan jika bersama-sama.
Diakhir acara Bupati menyerahkan punia kepada panitia dan melihat secara langsung (nodya) sawa yang akan diaben. 

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com