Tabanan Meresmikan Hasil PNPM-MP - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

12/14/13

Tabanan Meresmikan Hasil PNPM-MP



Dewata News - Tabanan

Bupati Tabanan yang diwakili Asisten I Setda Tabanan I Wayan Yatnanadi, meresmikan hasil kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) di Kabupaten Tabanan, Rabu (11/12). Acara di Wantilan Kantor Camat Kediri itu, juga dihadiri Kepala BPMD Kabupaten Tabanan, I Made Sudarya, Camat Kediri, I Gusti Agung Alit Adiatmika, serta anggota PNPM di Kabupaten Tabanan.

Yatnanadi saat membacakan sambutan Bupati Tabanan menyambut baik kegiatan tersebut. Menurut Bupati perlu komitmen semua pihak untuk melaksanakan program tersebut, merujuk pada aturan main yang ada. Stakeholder pelaksanaan kegiatan dituntut disiplin agar tidak timbul permasalahan di kemudian hari. “Program ini diharapkan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, agar tidak mubasir,” tukasnya.

Menurunnya RTM d tabanan merupakan wujud nyata kerja keras Pemkab Tabanan.PNPM mandiri pedesaan memberikan kewenangan bagi masyarakat agar keluar dari lingkaran kemiskinan. Pada tahun anggaran 2013, Tabanan menerima bantuan PNPM lebih dari  14  Milyar, dimana 6 Milyar berasal dari APBD Kabupaten Tabanan, 7,8 Milyar dari pemerintah pusat dan 1 Milyar dari Pemprov Bali.

Sementara Laporan Kepala BPMPD, Made Sudarya menyebut PNPM-MP merupakan investasi pemerintah dalam bentuk aset, sistem pembangunan partisipatif dan sistem kelembagaan. Tujuan diselenggarakannya program ini untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan melalui peningkatan pendapatan masyarakat, penguatan kelembagaan masyarakat dan pemerintah daerah serta mewujudkan prinsip pemerintahan yang baik.

“Dalam PNPM, pemerintah memberikan bantuan kepada masyrakat dalam bentuk dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) dan bantuan pendampingan,” ujarnya. Seraya menyebut selama pelaksanaan PNPM kurun waktu 2012-2013, ada beberapa keberhasilan. 

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com