Wabup Ipat Harap Teladani Jiwa Patriotisme Pahlawan I Gusti Ngurah Rai - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

4/8/23

Wabup Ipat Harap Teladani Jiwa Patriotisme Pahlawan I Gusti Ngurah Rai



Jembrana, dewatanews.com - Upacara Peringatan Pandaratan Pasukan I Gusti Ngurah Rai dari Pulau Jawa di Pantai Air Kuning, bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan tersebut ialah Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat). Upacara peringatan tersebut di digelar pada Sabtu (8/4) di Tugu Perjuangan Air Kuning, Desa Air Kuning, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana.

Turut hadir dalam pelaksanaan upacara peringatan tersebut, Waka Polres Jembrana, Wakil Ketua I DPRD Jembrana, para Kepala OPD terkait diruang lingkup Pemkab Jembrana, Wakil Ketua YKP Provinsi Bali, Ketua DPC LVRI Jembrana, Anggota KNPI Jembrana dan Pemuda Panca Marga Jembrana.

Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat) saat menyampaikan sambutannya menjelaskan Tugu Perjuangan Air Kuning merupakan salah satu monumen bersejarah yang ada di Kabupaten Jembrana, Monumen ini dimaksudkan untuk mengenang peristiwa bersejarah I Gusti Ngurah Rai dengan pasukan Resimen Sunda Kecil dari Pulau Jawa mendarat di Desa Air Kuning pada 5 April 1946.

"Saya sangat menyambut baik upacara peringatan ini, upacara di Tugu Perjuangan Air Kuning ini untuk mengenang sejarah perjuangan pahlawan I Gusti Ngurah Rai, serta pendaratan beliau bersama pasukannya di pesisir Air Kuning," jelasnya.


Wabup Ipat berharap masyarakat dapat meneladani jiwa patriotisme dari para Pahlawan Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Hari ini Kita bersama telah mendengarkan sejarah singkat pejuangan I Gusti Ngurah Rai langsung dari Veteran, Saya harap hal itu dapat diteladani yakni jiwa patriotisme para pahlawan dalam mempertahakan kemerdekaan Republik Indonesia," harapnya.

Ketua DPD LVRI Bali
I.G. Bagus Saputra,SH menerangkan pada 4 dan 5 April 1946 terjadi peristiwa bersejarah dimana I Gusti Ngurah Rai bersama pasukannya melalui berbagai rintangan menyebrang dari pulau Jawa menuju Bali hingga mendarat di pesisir Air Kuning.

"Ngurah Rai ke Jawa untuk memohon bantuan dan menyampaikan kondisi di Bali, dilantik sebagai pemimpin Resimen Sunda Kecil kemudian kembali ke Bali melanjutkan perjuangan, beliau dapat mendarat kembali ke Bali dengan bantuan masyarakat dan para nelayan," terangnya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada LVRI Jembrana, Yayasan Kebangkitan Proklamasi (YK), Pemuda Panca Marga (PPM) Jembrana dan Pemerintah Kabupaten Jembrana yang telah menyelenggarakan upacara peringatan Pendaratan Pahlawan I Gusti Ngurah Rai.

"Terima kasih atas terlaksanakan upacara peringatan ini, hal ini merupakan bukti bahwa pemerintah Kabupaten Jembrana begitu menghargai perjuangan para pahlawan kita," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com