PKM : Fermentasi Kulit Kopi Untuk Pakan Ternak Kambing - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

4/11/23

PKM : Fermentasi Kulit Kopi Untuk Pakan Ternak Kambing



Bangli, dewatanews.com - Sebagai iplementasi Tridharma Perguruan Tinggi, para dosen disamping tugas pokok mengajar maka dituntut untuk melakukan kegiatan pada masyarakat (PKM). Oleh karena itu tim PKM dari Program Pascasarjana Universitas Warmadewa dengan ketua tim Dr. Ir. I Dewa Nyoman Sudita, M.P., dan anggota tim Dr. Ir. Yohanes Parlindungan Situmeang, M.Si. melakukan kegiatan pendampingan dan pelatihan pembuatan pakan ternak kambing dari kulit kopi difermentasi sebagai pakan tambahan selain hijauan. Kegiatan dilaksanakan pada hari minggu 9 April 2023 pada Kelompok Ternak Kambing Subak Abian Pebunut di Desa Catur Kintamani.

Menurut Dr. Dewa Sudita dipilihnya kelompok ini sebagai sasaran dalam kegiatan PKM dengan beberapa pertimbangan yaitu: 1) Desa Catur sebagai daerah penghasil kopi arabika menghasilkan limbah kulit kopi yang sangat banyak yang belum dimanfaatkan (terbuang), 2) daerah yang berhawa sejuk sebagai daerah pengembangan perkebunan tersedia hijauan pakan yang mencukupi dan beragam, dan 3) semangat kelompok ternak dan anggotanya cukup tinggi dalam menerima inovasi baru untuk dapat diterapkan. 

Dari penelitian Dr. Dewa Sudita dan tim 2 tahun yang lalu fermentasi kulit kopi menggunakan beberapa jenis probiotik, dari hasil uji laboratorium dengan menggunakan probiotik mikro organisme local (MOL) kulit kopi menunjukkan hasil yang paling baik yang mampu meningkatkan kualitas kulit kopi dari 8-9% kandungan protein kasar menjadi 17-19%. Selanjutnya telah dilakukan uji aplikasi penelitian pada ternak babi sebagai pakan substitusi pada pakan komersial pada tahun yang lalu, didapatkan substitusi 10% pakan komersial berpengaruh sinifikant terhadap pertumbuhan dan pertambahan bobot badan. 

Sedangkan pada ternak babi induk, didapatkan substitusi 5% berpengaruh lebih baik terhadap littersize (jumlah anak yang dilahirkan), bobot lahir anak dan bobot sapih. Kemudian telah dilakukan uji penelitian pada ternak ayam kampung super didapatkan substitusi kulit kopi fermentasi pada pakan komersial sebanyak 5% menunjukkan hasil yang paling baik terhadap pertambahan bobot badan dan bobot badan akhir. 

Dengan fakta-fakta seperti ini, maka kelompok ternak kambing sangat antusias untuk menerapkan pada ternaknya. Dalam kegiatan PKM ini, kelompok dan anggota kelompok sebanyak 15 orang diberikan penyuluhan tentang manfaat limbah kulit kopi terfermentasi sebagai pakan ternak, juga diberikan pelatihan langsung cara pembuatan fermentasi kulit kopi. Para anggota kelompok berharap hasil permentasi yang mereka lakukan dapat diaplikasikan pada ternak kambing, sekaligus juga dilakukan pengamatan terhadap pertumbuhan ternaknya selama 2 bulan.

Dari kegiatan PKM ini disamping dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kelompok, juga dapat membantu dalam mengatasi masalah lingkungan dari limbah kulit kopi yang bisa mengganggu dan dapat sebagai media berkembangnya penyakit yang dapat mengganggu tanaman lain yang banyak dikembangkan masyarakat terutama tanaman jeruk. Dikaitkan dengan visi Univeritas Warmadewa yang berwawasan ekowisata, maka kegiatan seperti ini sebagai salah satu dalam mewujudkannya.  

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com