Kadis Wisandika: Buleleng Siap Berpartisipasi Dalam Ajang PKB Ke-45 - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

4/25/23

Kadis Wisandika: Buleleng Siap Berpartisipasi Dalam Ajang PKB Ke-45



Buleleng, dewatanews.com - Menjelang digelarnya Pesta Kesenian Bali (PKB) ke 45 Provinisi Bali dengan tema “Segara Kerthi Prabhaneka Sandhi atau Samudra Cipta Peradaban” yang rencana dibuka pada Minggu 18 Juni 2023 diawali agenda Peed Aya atau Pawai Pembukaan dikawasan Bajra Sandhi Renon Denpasar. 

Untuk itu Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng telah mempersiapkan segala hal untuk ikut berpartisipasi di ajang kesenian tahunan ini, mulai dari kategori pementasan sampai materi pawai. Demikian disampaikan oleh Kadis Kebudayaan, Nyoman Wisandika, Selasa (25/4)

Lebih jauh Kadis Wisandika menerangkan pihaknya telah melakukan rapat dengan tim kesenian terkait keikutsertaan Buleleng dalam PKB ke-45 ini. Kategori Peed Aya atau Pawai Pembukaan PKB akan diisi oleh Sekaa Astiti Bakti Desa Giri Emas dengan mengusung konsep agraris.

”Kepesertaan Peed Aya akan dibatasi, mengingat pengalaman tahun lalu pesertanya sangat banyak dan memakan waktu sangat lama dalam pembukaan PKB. Rencananya Presiden Joko Widodo yang akan membuka PKB nanti,”ungkapnya.

Kemudian kategori pementasan, lanjut Kadis Wisandika Utsawa Parade Gong Kebyar akan diisi Gong Kebyar Dewasa Sanggar Seni Suara Mustika Banyuning, Sekaa Gong Kebyar Wanita Gita Mahosadi Desa Umejero Kecamatan Busungbiu, kemudian Gong Kebyar Anak-Anak dari Sanggar Seni Manik Uttara Desa Giri Emas. Kategori ini akan dipentaskan pada 22 Juni 2023.

Kemudian Gong Kebyar Legendaris akan diisi oleh Sekaa Gong Saraswati Desa Menyali Kecamatan Sawan yang pentas 28 Juni 2023, lalu Sekaa Gong Saba Sawitra Desa Tejakula yang pentas 10 Juli 2023, kemudian Sekaa Gong Banda Sawitra Desa Kedis, Kecamatan Busungbiu pentas tanggal, 12 Juli 2023.

Tambah Kadis Wisandika, jadwal dari kategori lomba Balaganjur Remaja yang diisi oleh Sekaa Balaganjur Alangen Adhimukti Desa Busungbiu pada tanggal, 25 Juni 2023, kemudian Parade Joged Bumbung Tradisi yang diisi oleh Sanggar Seni Dharma Santhi Desa Bila Kecamatan Kubutambahan pada tanggal, 9 Juli 2023, lalu Pagelaran Seni Klasik dari Sekaa Renganis Desa Penglatan tanggal, 11 Juli 2023 dan Parade Busana Adat khas kabupaten/kota dari TP.PKK Kabupaten Buleleng pada tanggal, 2 Juli 2023.

”Kita akan melakukan rapat lagi dengan provinsi untuk mematangkan lagi persiapan selanjutnya, intinya Buleleng siap ikut PKB,”pungkasnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com