Polisi Berhasil Ungkap Pelaku Pengambil Emas di Pustu Banjar Dinas Tegeha - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

1/30/23

Polisi Berhasil Ungkap Pelaku Pengambil Emas di Pustu Banjar Dinas Tegeha



Buleleng, dewatanews.com - Saat I Gede Aryawan (43) pada hari Selasa tanggal 24 Januari 2023 sekira pukul 21.30 wita datang ke Puskesmas Pembantu (Pustu) di Banjar Dinas Tegeha Desa Pakisan Kecamatan Kubutambahan yang juga digunakan sebagai tempat tinggal saksi bersama korban Ni Ketut Anggi Desi Arani (33), melihat laci penyimpanan emas yang ada di ruang praktik sudah dalam keadaan terbuka dan rusak, setelah dicek semua perhiasan emas yang ada didalam laci sudah hilang.

Saat kejadian puskesmas pembantu dalam keadaan kosong karena pelapor dan korban bersama keluarga sedang ada upacara Agama di Desa Bebetin. Dan perhiasan emas yang hilang diantaranya 1 buah gelang emas, 4 buah kalung emas, 2 cincin, 2 pasang anting (giwang) dan 2 buah liontin, yang keseluruhannya adalah milik korban Ketut Anggi Desi Arani, sehingga dengan hilangnya barang korban kerugian yang dialami sebesar Rp 40. 000.000 (empat puluh juta rupiah). 

Atas kejadian tersebut kemudian I Gede Aryawan pada hari Rabo tanggal 25 Januari 2023 melaporkannya ke Polsek Kubutambahan yang diterima langsung Kapolsek Kubutambahan AKP I Ketut Suparta, S.H., M.H., dan kemudian laporan tersebut langsung ditindak lanjuti, dengan melakukan penyelidikan bersama-sama dengan Kanit Reskrim Ipda Komang Widiasa, S.H.

Awal penyelidikan berawal dari olah tempat kejadian perkara (TKP) dan permintaan keterangan terhadap saksi-saksi yang ada baik saski korban dan saksi fakta lainnya, sehingga diperoleh informasi bahwa Komang Eka Karmila (26), telah melakukan transaksi penjualan emas didaerah Desa Bontihing dengan Aditya Rahman (24) alamat Banjar Munduk Kunci Desa Tegalinggah Sukasada,

Berbekal dengan informasi yang diperoleh, kemudian Kapolsek Kubutambahan bersama dengan tim Unit Reskrim melakukan pencarian terhadap Komang Eka Karmila yang akhirnya pada hari Sabtu, Tanggal 28 Januari 2023 pukul : 05.00 wita I Komang Eka Karmila dapat diamankan dirumahnya di Desa Bontihing Kubutambahan. Sedangkan pembeli emas yaitu terduga pelaku Aditya Rahman diamankan saat keliling di Desa Bontihing membeli emas dari masyarakat dan ditemukan 1 pasang giwang yang dijual terduga pelaku Komang Eka karmila. 

Transaksi jual beli angara pelaku Komang Eka Karmila dengan terduga pelaku Aditya Rahman diperoleh uang sebesar Rp. 800.000.- ( delapan ratus ribu rupiah), yang hasil penjualannya tersebut kemudian disimpan disaku Komang Eka sedangkan sisa emas yang belum terjual di tanam di dapur rumah pelaku. 

Kemudian cara pelaku masuk kedalam rumah tersebut dengan cara menjebol pintu belakang rumah kemudian pelaku merusak atau mencongkel laci tempat penyimpanan perhiasan emas yang telah hilang tersebut.

Maksud dan tujuan pelaku mengambil emas tersebut adalah untuk dimiliki, kemudian dijual dan hasil penjualannya dipergunakan untuk kebutuhan dan keperluan pelaku sendiri. 

Pelaku I Komang Eka Karmila pernah ditahan dalam kasus Pencurian kamera pada tahun 2022 dan menjalani hukuman selama 6 bulan dan bulan Oktober 2022 baru keluar dari Lembaga pemasyarakatan, sedangkan terduga pelaku Aditya Rahman pernah dihukum dalam dugaan tindak pidana pemakai Narkoba dan menjalani hukuman selama 1,3 tahun pada tahun 2020. 

Maka terhadap Komang Eka Karmila disangka telah melakukan tindak pidana pencurian sebagaimana dimaksud dalam rumusan pasal 363 ayat 1 ke 3e dan 5e KUHP, dengan ancaman hukuman 7 Tahun penjara, sedangkan terduga pelaku Aditya Rahman disangka telah melakukan tindak pidana membeli barang yang diduga hasil kejahatan sebagaimana dimaksud dalam rumusan pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman 4 Tahun penajara, ucap Kapolsek Kubutambahan.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com