Ditandai Penyerahan Obor Suci, Gubernur Koster Resmi Buka Porprov XV Tahun 2022 - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/20/22

Ditandai Penyerahan Obor Suci, Gubernur Koster Resmi Buka Porprov XV Tahun 2022



Denpasar, dewatanews.com - Gubernur Bali, Wayan Koster secara resmi membuka Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali ke-XV Tahun 2022 ditandai dengan Penyerahan Obor Suci Porprov Bali ke-XV yang dilaksanakan oleh Atlet Selancar, I Gusti Made Oka Sulaksana dan Atlet Atletik Cabang Lompat Jauh, Maria Natalia Londa di Lapangan Puputan Margarana, Renon, Denpasar pada, Minggu (Redite Kliwon, Tolu) 20 November 2022 dan bertepatan pada Hari Peringatan Puputan Margarana.

Upacara Pembukaan Porprov Bali ke-XV Tahun 2022 juga dirangkaikan dengan Penyerahan Piala Bergilir Porprov Bali dari Kabupaten Badung kepada Ketua KONI Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan, selanjutnya diserahkan kepada Gubernur Bali, Wayan Koster dan diterima oleh Ketua Umum Panitia Induk Porprov Bali ke-XV yang sekaligus menjadi Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati serta disaksikan Wakil III Ketua UMUM KONI Pusat, Tursandi Alwi, DPRD Provinsi Bali, dan Bupati/Walikota se-Bali.

Gubernur Bali dalam sambutannya menyampaikan Pekan Olahraga Provinsi Bali ke-XV Tahun 2022 bisa terselenggara berkat restu alam, walaupun Pekan Olahraga ini sesungguhnya harus dilaksanakan pada Tahun 2021, tetapi tertunda karena masih menghadapi pandemi Covid-19.

"Astungkara saat ini Bali telah kondusif dan nyaman menyelenggarakan Pekan Olahraga Provinsi Bali ke-XV Tahun 2022, karena alam Bali merestui, Bali juga menjadi Provinsi terbaik dalam penanganan pandemi Covid-19 yang diiringi oleh capaian vaksinasi booster di Provinsi Bali mencapai lebih dari 80 persen atau tertinggi dan tercepat di Indonesia, kemudian pariwisata dan perekonomian Bali telah pulih dan bangkit kembali, serta Bali baru saja berhasil menyelenggarakan Pertemuan Presidensi G20 dengan lancar, aman dan sukses hingga mendapat apresiasi dari Kepala Negara maupun Pimpinan Lembaga Internasional yang hadir di Presidensi G20," ungkapnya.

Pekan Olahraga Provinsi Bali ke-XV Tahun 2022 bisa dilaksanakan dengan bahagia, karena termotivasi oleh raihan prestasi yang membanggakan di PON Papua, dimana Bali meraih prestasi tingkat ke-5 nasional atau meningkat dari prestasi sebelumnya. 

"Begitu Saya dilantik menjadi Gubernur Bali pada 5 September 2018 bersama Bapak Wagub Cok Ace, Saya mengumpulkan pengurus KONI agar fokus melakukan pembinaan dan pelatihan untuk Cabang Olahraga unggulan yang betul-betul menjadi potensi utama Bali. Astungkara berjalan baik dan Bali meraih prestasi peringkat ke-5 di PON Papua," jelasnya. 

Ia berharap Pekan Olahraga Provinsi Bali ke-XV berjalan lancar, nyaman, aman, damai, sukses serta berjalan penuh semangat, dan sportivitas. 

“Jangan ada yang nakal – nakal, mengatur – ngatur supaya ini menang, yang itu kalah. Tidak usah. Normal-normal saja, natural saja, sebagaimana yang telah dipersiapkan dengan sebaik-baiknya oleh semua cabang di Kabupaten/Kota se-Bali,” tegas mantan Anggota DPR-RI 3 Periode dari Fraksi PDI Perjuangan yang tercatat dalam sejarah telah menyelesaikan UU RI Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Koster menyampaikan rasa bangga kepada atlet, wasit, juri dan official telah ikut dalam Porprov ke-XV dengan mempertandingkan 41 Cabang Olahraga. 

"Saya berharap Porprov ke-XV ini mampu melahirkan atlet, wasit, dan juri terbaik untuk dipersiapkan dalam event nasional maupun internasional di masa yang akan depan, serta secara khusus mewujudkan Bali sebagai Sport Tourism," tambahnya.

Mengakhiri sambutannya, Ia meminta Pekan Olahraga Provinsi Bali ke-XV ini mampu menghasilkan atlet yang bisa mengantarkan Bali mempertahankan peringkat ke-5 atau naik peringkat ke-4 di PON Tahun 2024 mendatang. 

“Ini harus dijadikan upaya bersama, serius dan komitmen kuat serta cita-cita dengan mengedepankan sportivitas, spirit untuk kemajuan Bali sesuai visi pembangunan Bali, yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru,” tutupnya.

Sementara Ketua KONI Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan melaporkan Pekan Olahraga Provinsi Bali ke-XV Tahun 2022 dilaksanakan secara gotong royong di seluruh Bali dan berlangsung dari tanggal 20-27 November 2022 dengan mempertandingkan 41 Cabang Olahraga dan memperebutkan 1.772 medali yang terdiri dari 543 Medali Emas, 453 Medali Perak, 776 Medali Perunggu. Porprov Bali ke-XV dilaksanakan di 44 venue pertandingan yang tersebar di 9 Kabupaten/Kota se-Bali, melibatkan 528 wasit dan juri, 564 tenaga teknis, serta diikuti 1.014 official dan 4.611 atlet yang berasal dari Kabupaten Badung 816 atlet, Kabupaten Bangli 197 atlet, Kabupaten Buleleng 521 atlet, Kota Denpasar 831 atlet, Kabupaten Gianyar 661 atlet, Kabupaten Jembrana 505 atlet, Kabupaten Karangasem 272 atlet, Kabupaten Klungkung 411 atlet, dan Kabupaten Tabanan 397 atlet.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com