SMAN 5 Denpasar Dikunjungi TIM Asesor BAN Provinsi Bali Terkait Penilain Akreditasi - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

8/26/22

SMAN 5 Denpasar Dikunjungi TIM Asesor BAN Provinsi Bali Terkait Penilain Akreditasi


Denpasar, dewatanews.com - SMA Negeri 5 Denpasar dikunjungi tim asesor Badan Akresitasi Nasional (BAN) Provinsi Bali terkait penilain akreditasi dari tanggal 25-26 Agustus 2022.

Tim asesor yang berjumlah dua orang yakni Ketua I Nyoman Sudiarsa., S.Pd., M.Si bersama anggota Gusti Putu Arimbawa., S. Pd langsung disambut baik oleh Kepala SMA Negeri 5 Denpasar Cokorda Istri Mirah Kusuma Widiawati bersama para guru dan pegawai. 

Ketika meninjau sekolah, Ketua tim asesor BAN Provinsi Bali Nyoman Sudiarsa mengatakan untuk bisa mempelacar jalanya proses penilain akreditasi ini tentu ada beberapa poin harus digali. 

Poin pertama terkait mutu kelulusan termasuk dokumen yang dibuat sekolah. Selanjutnya dilakukan wawancara dengan Kepala Sekolah, guru dan komite untuk menghasilkan data valid. 

Poin ketiga terkait proses pembelajaran yakni langsung memantau prose pembelajaran yang dilakukan para guru saat di kelas. Apakah cara pengajaran guru kepada siswa sudah sesuai dengan kurikulum sekarang. 

Poin ketiga tentang mutu guru. Apakah guru di SMAN 5 Denpasar sudah sesuai dengan Undang-undang guru dan dosen yakni semua guru sudah berstatus S1 atau S2.

"Dilanjutkan dengan mengecek kinerja Kepala Sekolah terutamanya dalam membangun komunikasi dengan guru serta para pegawai dilingkungan sekolah," terangnya. 

Sembari menyampain untuk hasil penilian akredasi sebelum akan dikelurkan, hasil yang di dapat dari kajian tim asesor dilapangan terlebih dahulu akan dilaporkan ke BAN Provinsi Bali yang kebudian akan diteruskan ke BAN Pusat. 

"Jujur selama proses penilian akreditasi, kami tim asesor sangat bangga kepada SMA Negeri 5, sebab semua data dokumen yang diminta bisa disiapkan dengan baik oleh pihak sekolah," imbuhnya. 

Nyoman Sudiarsa juga menyampaikan untuk tahun 2022, saya bersama anggota ada lima sekolah yang dikunjungi, dan dua sekolah sudah dikunjungi yaitu SMK PGRI 1 Denpasar dan SMA Negeri 5 Denpasar. 

"Selanjutnya yang akan dikunjungi berikutnya adalah SMKN 3 Denpasar,  SMK PGRI 2 Denpasar, dan SMKN 4 Denpasar," katanya. 

Sementara Kepala SMA Negeri 5 Denpasar Cok Mirah menambahkan sebelum tim asesor melakukan kunjungan, tim asesor jauh-jauh hari sudah menyampikan kepada pihak sekolah untuk bisa menyiapkan segala dokumen yang diminta. 

Selanjutnya dari pihak sekolah sudah dari awal menyiapkan. Jadi lada saat tim asesor datang tentunya data dokumen yang dibutuhkan asesor semuanya sudah siap. 

"Pada tahun kemarin pencapain nilai akreditasi SMA Negeri 5 Denpasar terakreditasi A. Semoga pencapain nilai akredetasi A kembali bisa dipertahankan tahun 2022 ini," pungkasnya. Bdi

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com