Yowana MDA Karangasem Mereresik Sampah Plastik di Pura Silayukti  - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

7/12/22

Yowana MDA Karangasem Mereresik Sampah Plastik di Pura Silayukti 


Karangasem,  dewatanews.com - Pasikian Yowana Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Karangasem yang dipimpin oleh Manggala, Wayan Suartika kembali menggelar aksi kebersihan lingkungan dengan menyasar Pura Dang Kahyangan Silayukti, Padang Bay, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem pada, Minggu (Redite Paing, Pahang) 10 Juli 2022 bersama prajuru Pasikian Yowana MDA Kecamatan Manggis.

“Aksi bersih – bersih ini memperhatikan semangat Perda Nomor 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat di Bali yang tertuang pada Bab V Tugas dan Wewenang Desa Adat, Pasal 21 dan Pasal 22 yang salah satunya mewujudkan terjaganya kesucian, kelestarian, kebersihan, dan Palemahan Desa Adat hingga terlaksananya pengelolaan sampah di wewidangan Desa Adat dengan menggelar bersih – bersih lingkungan,” kata Petajuh Pasikian Yowana MDA Kabupaten Karangasem, I Made Arda Oka

Ia menjelaskan Pura Silayukti merupakan adalah bagian dari wewidangan Desa Adat, sehingga sudah sepatutnya Yowana yang berada di Desa Adat memiliki kewajiban untuk menjaga kesuciannya dari ancaman sampah, khususnya sampah plastik sekali pakai hingga sampah yang mengancam kerusakan lingkungan seperti amanat Peraturan Gubernur Provinsi Bali Nomor 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai dan Peraturan Gubernur Bali Nomor 47 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com