Tradisi Ngerebeg di Pura Duurbingin, Prajuru Desa Adat Implementasikan Pergub Bali Tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

7/13/22

Tradisi Ngerebeg di Pura Duurbingin, Prajuru Desa Adat Implementasikan Pergub Bali Tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik


Gianyar, dewatanews.com - Ngerebeg adalah Tradisi yang ada di Pura Duurbingin Desa adat Tegallalang, Desa Tegallalang, Kecamatan Tegallalang Gianyar yang Tradisi Ngerebeg ini secara rutin digelar oleh 7 banjar adat di desa Adat  Tegalalang,karena warga percaya jika ritual ataupun tradisi tidak digelar akan terjadi hal buruk yang akan menimpa warga desa mereka.

Tradisi inipun hanya melibatkan anak laki-laki saja hingga seka truna termasuk mereka yang sudah dewasa sebagai peserta, dengan riasan menakutkan dan berwajah seram berjalan keliling Desa Adat membawa penjor, untuk menyomya bhutakala.

Yang uniknya lagi selain prosesi Tradisi ini berjalan, ada juga pengayah yang membawa kantong sampah untuk memungut sampah plastik dibelakang pengayah ngerebeg, karena banyaknya sumbangan air mineral botol kemasan yang diberikan oleh masyarakat sepanjang perjalanan. Kegiatan tersebut mewujudkan implementasi dari Pergub 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai.

Selain itu Prajuru Desa Adat Tegallalang juga ikut berhias dan ikut dalam iring-iringan ngerebeg bersama pemuda Desa Adat Tegallalang, sebagai wujud kebersamaan dalam tradisi ini. (DN - Sty)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com