Wapres Ma’ruf Amin Buka Peparnas XVI Papua - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/6/21

Wapres Ma’ruf Amin Buka Peparnas XVI Papua

 

Papua, dewatanews.com - Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin secara resmi membuka Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua, di Stadion Mandala, Jayapura, Jumat (05/11) malam. 

 

Wapres menyampaikan, kehadirannya di Peparnas Papua untuk menggantikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang melakukan karantina mandiri. Presiden baru saja mendarat di tanah air, Jumat (05/11) pagi dari lawatan ke tiga negara, yaitu di Italia, Inggris Raya, dan Persatuan Emirat Arab. 

 

“Dalam hal ini, Presiden meminta saya untuk membuka Peparnas ini dan Presiden sendiri yang nanti akan menutupnya. Pada PON yang lalu, Presiden membuka acara dan saya yang menutup. Sebaliknya, pada acara ini saya yang membuka dan Presiden yang nanti akan menutupnya,” ujar Wapres. 

 

Melalui rekaman video yang ditayangkan pada upacara pembukaan, Presiden Jokowi menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Papua dan seluruh kontingen Peparnas XVI karena tidak dapat menghadiri upacara pembukaan.

"Tadinya saya akan ke Papua untuk membuka Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI, bertemu dengan atlet-atlet yang luar biasa dan tentunya Pace, Mace, Kakak-kakak Basudara semuanya. Namun, mohon maaf saya tidak dapat hadir karena saya harus menjalani karantina setelah kembali dari luar negeri,” ujar Presiden. Presiden menyampaikan, ia akan hadir pada penutupan Peparnas XVI Papua. 

 

“Sebenarnya, tanggal 5 November 2021 pagi saya sudah tiba di tanah air dan bisa membuka Peparnas secara virtual dari Jakarta. Tapi saya lebih memilih hadir di acara penutupan nantinya di Jayapura, karena Papua selalu ada di hati saya,” ujarnya. Presiden juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wapres yang hadir untuk membuka Peparnas XVI secara langsung di Stadion Mandala, Jayapura.

"Terima kasih kepada Bapak Wakil Presiden yang telah hadir untuk membuka Peparnas XVI. Saya yakin Peparnas di Papua akan sukses, penuh dengan prestasi, dan meriah,” tandasnya. 

 

Jalannya Upacara Pembukaan Wapres didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin tiba di lokasi pembukaan sekitar pukul 19.00 WIT atau 17.00 WIB. Upacara pembukaan kemudian dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh penyanyi Anggun dan paduan suara 150 anak-anak Papua. 

 

Selanjutnya, Edo Kondologit, Putri Ariani, dan enam penyanyi alumni SLB Negeri Pembina Papua menyanyikan lagu tema Peparnas XVI. Kemudian, ditampilkan video “Cahaya Kemenangan dari Timur Papua” yang juga merupakan tema yang diusung ajang Peparnas Papua.

Sebanyak 950 penari putra-putri Papua kemudian hadir menyajikan konfigurasi tarian dari tanah Papua dilanjutkan dengan pertunjukan musik suling tambur dan marching band. Kehadiran maskot Hara dan Wara pun ikut memeriahkan jalannya upacara. 

 

Acara dilanjutkan dengan defile para atlet yang berlaga di Peparnas Papua yang diawali oleh Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbun dan diakhiri oleh kontingen tuan rumah Papua didampingi anak-anak Papua. 

 

Usai defile, dilakukan pengibaran bendera Peparnas oleh purna paskibraka Indonesia yang diiringi oleh Mars Patriot Olahraga. Bendera sebelumnya dibawa oleh enam atlet berprestasi Papua, yaitu Budiman Setiawan Youwe dari cabang olahraga (cabor) renang, Amon Asso dari cabor atletik, Agnes Monalisa Youwe dari cabor renang, Hanna Hesty dari cabor tenis meja, Laurent Sit dari cabor atletik, dan Zet Barangsano dari cabor atletik. 

 

Selanjutnya, Ketua NPC Indonesia Senny Marbun menyampaikan laporan, diikuti oleh sambutan dari Gubernur Papua sekaligus Ketua Panitia Besar (PB) Peparnas XVI Lukas Enembe serta sambutan oleh Wapres Ma’ruf Amin.

Seremoni olahraga empat tahunan nasional bagi atlet penyandang disabilitas ini kemudian dilanjutkan dengan pembacaan janji atlet oleh Arkolaus Waromi, atlet cabor renang dan janji wasit oleh Fince Yowe, wasit cabor judo. Selanjutnya, lima atlet Papua secara estafet membawa obor Peparnas XVI menuju kaldron. 

 

Kelima atlet tersebut adalah Menaser Meriba Numberi (cabor renang), Lince Suebu (cabor renang), Dapiel Bayage (cabor atletik), serta terakhir Ida Yani (atletik) dan Marinus Melianus Yowei (cabor renang) yang kemudian menyalakan api di kaldron sebagai tanda pembukaan Peparnas. 

 

Atraksi 500 drone dan lantunan lagu dari sejumlah penyanyi turut melengkapi kemeriahan pembukaan Peparnas XVI Papua. Peparnas XVI berlangsung dari tanggal 2-13 November 2021 pada 12 venue yang tersebar di dua klaster penyelenggaraan yaitu Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. 

 

Terdapat 12 cabor yang dipertandingkan dengan 654 nomor pertandingan serta diikuti 2.146 atlet dan 1463 ofisial. Hadir mendampingi Wapres  dalam acara ini Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

 

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com