Gerak Cepat, Pagnkalan TNI AL Denpasar Bantu Korban Bencana Gempa di Bangli - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/17/21

Gerak Cepat, Pagnkalan TNI AL Denpasar Bantu Korban Bencana Gempa di Bangli

 

Bangli, dewatanews.com - Dalam rangka membantu korban bencana alam gempa bumi di Kabupaten Karangasem dan Kabupaten Bangli, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Denpasar, Lantamal V bergerak cepat mendirikan Posko Siaga Penanggulangan Bencana (Gulben) serta memberangkatkan prajurit Lanal Denpasar untuk membantu korban bencana alam gempa bumi ke Kabupaten Bangli Provinsi Bali, Minggu (17/10).

Aksi tanggap darurat tersebut menurut Komandan Lanal Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P., adalah bentuk kepedulian TNI AL, Lanal Denpasar untuk membantu masyarakat yang tertimpa musibah bencana alam,  sehingga menuntut kewajiban kita selaku unsur kekuatan TNI untuk selalu siap siaga mengantisipasi bencana dengan menyiapkan sebaik mungkin personel dan material. Lanal Denpasar juga telah bekerja sama dengan Unsur TNI/Polri, BPBD Prov. Bali serta unsur terkait dalam rangka aksi penanggulangan bencana tersebut. Ujar Danlanal.

"Selain itu kegiatan aksi tanggap darurat penanggulangan bencana ini merupakan salah satu tugas pokok dan salah satu bentuk implementasi pelaksanaan tugas TNI yang tercantum dalam UU nomor 34 tahun 2004 yang salah satunya yaitu Operasi Militer Selain Perang atau OMSP." tegasnya

Kegiatan aksi tanggap darurat TNI AL Lanal Denpasar dalam membantu penanggulangan tersebut telah dibagi menjadi beberapa Tim, diantaranya 1 Tim sebanyak 17 personel kegiatan membantu menyingkirkan puing puing longsoran, 1 Tim sebanyak 7 personel membantu pembersihan puing bangunan warga, 1 Tim kesehatan sebanyak 4 personel memberikan bantuan medis bila ada korban yang dievakuasi ke Desa Kedisan, 1 Tim Posko sebanyak 4 personel, bantuan sembako sebanyak 60 paket serta bantuan Baju layak Pakai dari TNI AL Lanal Denpasar.

Dalam pelaksanaannya Tim Siaga Aksi Penanggulangan Bencana sebelum diberangkatkan ke lokasi, Pasops Lanal Denpasar Mayor Laut (P) Ketut Pastika selaku koordinator Tim Siaga melaksanakan pengecekan kesiapan personel dan material berupa kendaraan truk dan ambulan serta menyiapkan sarana dan prasarana yang akan dibawa menuju ke lokasi bencana alam di Kab. Bangli diantarannya Tenda Pasukan 1 set, Tenda TNI AL 1 set, sekoci karet dan paket sembako 60 paket, serta baju layak pakai kurang lebih 20 koli.

Kegiatan tim Satgas dari Lanal Denpasar setelah tiba di Posko Gabungan di Desa Kedisan Kec. Kintamani Kab. Bangli melaksanakan apel gabungan dengan Satgas Bencana dari jajaran Kodim 1626/Bangli, Polres Bangli, Lanal Denpasar, Yonzipur 18/YKR, BNPB Kab. Bangli yang dihadiri Dandim 1626/Bangli, Kapolres Bangli serta Pasops Lanal Denpasar, dan selanjutnya dilaksanakan pembagian tugas.

Untuk tim dari Lanal Denpasar langsung mendirikan tenda kesehatan di Posko gabungan, dan Tim Kesehatan Lanal Denpasar stanby antisipasi pelayanan kesehatan dari korban bencana gempa bumi.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com