Bupati Tabanan Harap Pembangunan Pompa Hidram Tingkatkan Produktivitas Petani Tanguntiti - Dewata News

Breaking News

10/7/21

Bupati Tabanan Harap Pembangunan Pompa Hidram Tingkatkan Produktivitas Petani Tanguntiti

 

Tabanan, dewatanews.com - Dalam rangka pengembangan fasilitas air di wilayah yang susah mendapatkan air, Kodam IX/Udayana bekerjasama dengan Pemprov Bali dan Pemkab Tabanan, bangun pompa hidram di Desa Tanguntiti, Selemadeg Timur, Tabanan. Pompa dengan kapasitas air 72 liter per detik tersebut secara khusus diresmikan oleh Gubernur Bali I Wayan Koster, Kamis, (7/10) ditandai dengan pemotongan pita.

Turut mendampingi saat itu Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak M.Sc., Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra, Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., bersama Wakil Bupati Tabanan I Made Wirawan, S.E., dan Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga. Nampak juga hadir saat itu jajaran Forkopimda Tabanan, Sekda dan OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan.

Dipilihnya Desa Tanguntiti sebagai tempat untuk membangun Pompa Hidram pogram dari Kodam IX/Udayana wilayah Bali Nusra karena merupakan wilayah yang masih susah mendapatkan sumber air di Kabupaten Tabanan. Sehingga dengan dibangunnya pompa hydrant ini kedepannya mampu dimanfaatkan dengan baik dan diharapkan bisa digunakan untuk sumber air bersih ataupun sumber pengairan untuk pertanian di Desa Tanguntiti. Demikian dikatakan oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak M.Sc., dalam sambutannya saat itu.

Gubernur Bali I Wayan Koster mengucapkan terimakasih kepada Pangdam IX/Udayanan dan seluruh jajaran karena telah membangun pompa hidram di Bali terutama di Kabupaten Tabanan. Ia mengatakan dengan adanya pompa hydrant ini pasti akan berdampak positif bagi masyarakat Desa Tanguntiti khusunya dalam sektor pertanian dan merupakan sesuatu yang luar biasa dalam mengatasi permasalahan air di Desa Tanguntiti.

Selaku Gubernur Bali, Ia mengakui sangat mendukung program ini, mengingat sumber air sangat dibutuhkan oleh masyarakat. “Ini menjadi program yang sangat berguna bagi kita semua untuk menyelesaikan masalah. Ini namanya Negara hadir untuk Rakyat yang nyata memecahkan masalah air yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat kita, terutama di Desa Tanguntiti,” ujar Gubernur Koster.

Senada dengan Gubernur Koster, Bupati Tabanan juga sangat berterimakasih kepada Pangdam IX Udayana atas dibangunnya pompa hidram ini di Desa Tanguntiti. Menurutnya hal ini merupakan sesuatu yang dinanti-natikan sejak lama oleh masyarakat sekitar, khususnya untuk pengairan pertanian. Untuk itu, Ia mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya terutama kepada Pangdam IX/Udayana dan Gubernur Bali serta semua pihak terkait lainnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, pertanian adalah sektor penting pendukung perekonomian di Kabupaten Tabanan dimana mayoritas masyarakat Tabanan menggantungkan mata pencaharian di sektor pertanian. Apalagi di masa pandemi ini, pertanian tetap bertahan dan memberikan kontribusi yang besar bagi Kabupaten Tabanan. Diharapkan dengan adanya pommpa hidram dengan kapasitas air 72 liter per detik ini mampu meningkatkan produksi pertanian di Desa Tanguntiti, bahkan mampu dimanfaatkan dengan baik sebagai sumber air bersih bagi masyarakat sekitar.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com