SDN 5 Pedungan Laksanakan Kegiatan BIAS Campak, Rubella dan HPV - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

9/23/21

SDN 5 Pedungan Laksanakan Kegiatan BIAS Campak, Rubella dan HPV

 

Denpasar, dewatanews.com - Kegiatan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) Campak, Rubella dan Kanker Serviks disertai kegiatan pemeriksan kesehatan anak sekolah di adakan di SDN 5 Pedungan pada Kamis (23/9).

Tim pelaksana kegiatan berasal dari tenaga kesehatan Puskesmas IV Denpasar Selatan dibantu oleh guru guru SDN 5 Pedungan terdiri dari Dokter umum, Dokter gigi, Perawat, Bidan, Promkes dan pemegang program UKS dan imunisasi.
 
Kepala Puskesmas IV Denpasar Selatan Drg. Saraswati mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memeriksa kesehatan anak sekolah sedini mungkin bila ada gangguan kesehatan bisa kita rujuk untuk perawatan lebih lanjut. 

 

"Dengan adanya kegiatan ini kesehatan  siswa dapat diketahui sejak dini. Vaksin ini bertujuan melindungi anak terpapar dari virus campak dan rubella serta cancer cervik bagi anak perempuan," katannya.

Lebih lanjut dikatakannya, Screening Pemeriksaan kesehatan anak sekolah meliputi pemeriksaan mata, pemeriksaan telinga, pemeriksaan gigi, tinggi badan, berat badan dan pemeriksaan fisik siswa.

"Jumlah sasaran yakni anak kelas 1 jumlah sasaran 96 orang dan yang tercatat absen sebanyak 24 orang. Sedangkan yang perlu dirujuk ke faskes yaitu gangguan mata sebanyak 6 orang  THT  untuk bersihkan serument (kotoran telinga) sebanyak 11 orang, Gigi sebanyak 10 orang (gigi goyang).

Sedangkan hasil Bias MR (measles rubella) untuk campak dan rubella  untuk kelas 1 SD jumlah target 96 org, yang tervaksin 69 orang dan tidak hadir sebanyak 27 orang.

Sementara kegiatan  HPV (Utuk cancer cervik) untuk anak kelas 6 SD khusus perempuan jumlah sasaran  24 orang. Juga dilaksanakan penyuluhan kesehatan terkait prokes cuci tangan yg baik dan benar, menjaga jarak dan selalu pakai masker bagi siswa ,guru serta orang  tua murid yang datang. "Kegiatan berjalan lancar dan bila ada siswa yang panik atau takut sudah dibantu guru menenangkannya," katanya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com