Gubernur Koster Laksanakan Aci Pakelem Hulu-Teben di Panca Sagara - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

8/7/21

Gubernur Koster Laksanakan Aci Pakelem Hulu-Teben di Panca Sagara

 

Bangli, dewatanews.com - Secara Serentak Gubernur Bali, Wayan Koster, melaksanakan Upacara Aci Pakelem Hulu-Teben ring Panca Sagara. Upacara ini dilaksanakan secara serentak pada hari Sabtu (Saniscara Kajeng Kliwon, Wayang/Tumpek Wayang) yang juga bertepatan dengan Purwani Tilem Bhadrawada/Sasih Karo, tanggal 7 Agustus 2021, mulai Pukul 08.00 Wita, dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan secara ketat dan penuh disiplin.

Upacara Aci Pakelem Hulu-Teben ring Panca Sagara dilaksanakan dengan tujuan mulia untuk:
Memohon kepada Hyang Widhi Wasa maraga Ida Bhatara Baruna agar saluwiring lara merana gering agung COVID-19 cepat dikembalikan ke asalnya, beserta dampak yang menyertainya segera diakhiri, sehingga tatanan kehidupan Krama Bali bisa berjalan normal kembali.

Memohon kepada Hyang Widhi Wasa maraga Hyang Siwa Tiga (Siwa Agni, Siwa Pasupati, Siwa Amerta/Ider Bhuwana/Panyejeg Jagat/Paneduh Bhumi) agar Beliau ledang arsa ngadegin saat Murddhaning Jagat Bali ngaturang Aci Pakelem ring Panca Sagara dan Ida Bhatara Baruna ledang arsa sweca menghindarkan Bali dari bencana alam dahsyat, seperti tsunami, sehingga Alam, Krama, dan Kebudayaan Bali tetap rajeg. Memohon kepada Hyang Widhi Wasa maraga Hyang Siwa Tiga agar Jagat Bali mawali landuh, tata tentrem kreta raharja, gemah ripah loh jinawi, tan kirang sandang pangan papan.

Upacara Aci Pakelem Hulu-Teben ring Panca Sagara Bali dilaksanakan: Di Purwa/Sisi Timur dilaksanakan di Sagara Batu Belah, Desa Datah, Kecamatan Abang, Karangasem, dengan pakelem utama wewalungan (hewan) wedus petak (kambing berbulu putih), itik putih jambul, sate putih; Di Daksina/Sisi Selatan dilaksanakan di Sagara Dalem Pakendungan, Desa Kuta, Kecamatan Kuta, Badung, dengan pakelem utama wewalungan (hewan) wedus ulu sami (kambing berbulu merah), itik jambul ulu sami, sate biing; Di Pascima/Sisi Barat dilaksanakan di Sagara Rupek, Sumber Klampok, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, dengan pakelem utama wewalungan (hewan) wedus gading (kambing berbulu kekuningan), itik jambul welang ireng putih, sate putih siungan; Di Uttara/Sisi Utara dilaksanakan di Sagara Negara Gambur Anglayang, Desa/Kecamatan Kubutambahan, Buleleng, dengan pakelem utama wewalungan (hewan) wedus ireng (kambing berbulu hitam), itik jambul ireng, sate ireng; dan Di Madya/Tengah dilaksanakan di Hulun Sagara Danu Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli, dengan pakelem utama wewalungan (hewan) wedus kendil utawi welang (kambing berbulu belang), itik jambul welang, sate brumbun.

Pelaksanaan Upacara Aci Pakelem Hulu-Teben ring Panca Sagara didukung penuh oleh Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali dan Majelis Desa Adat beserta jajaran masing-masing di tingkat Kabupaten dan Kecamatan, serta Desa Adat setempat.

Adapun Sulinggih Pamuput Upacara di masing-masing Pura, yakni: Ida Pedanda Gede Made Demung Sogata (Wakil Dharma Upapatthi PHDI Kabupaten Karangasem) di Sagara Batu Belah, Desa Datah, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem; Ida Pandita Mpu Jaya Reka Merta Yoga (Dharma Upapatthi PHDI Kabupaten Badung) di Sagara Dalem Pakendungan, Desa Kuta, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung Ida Pedanda Gede Anom Manuaba (Dharma Upapatthi PHDI Kabupaten Jembrana) di Sagara Rupek, Sumber Klampok, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng; Ida pandita Mpu Dharma Mukti Sidha Kerti (Dharma Upapatthi PHDI Kabupaten Buleleng) di Sagara Negara Gambur Anglayang, Desa/Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng; dan Ratu Shri Bhagawan Putra Natha Nawa Wangsa Pemayun (Bhagawanta Gubernur dan Wakil Gubernur Bali) di Hulun Sagara Danu Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli.

Rangkaian Upacara Aci Pakelem Hulu-Teben ring Panca Sagara diawali dengan kegiatan Matur Piuning sekaligus Nuur Tirta, pada Rabu (Buda Paing, Wayang), 4 Agustus 2021 di Tiga Pura: Pura Lampuhyang Luhur dengan nuur Tirta Pingit ring Pering Gesing, maraga Hyang Siwa Agni, Hyang Genijaya; Pura Agung Besakih dengan Nuur Tirta Luhur Giri Kusuma Tolangkir, sekaligus Nuur Tirta Druwa Akasha ring Puser Tasik Giri Tolangkir/Gunung Agung, maraga Hyang Siwa Pasupati, Hyang Putranjaya; dan Pura Bukit Indrakila dengan Nuur Tirta Luhuring Akasa, maraga Hyang Siwa Amerta (Pangider Bhuwana, Panyejeg Jagat, dan Paneduh Gumi). Pura Bukit Indrakila juga merupakan payogan Ida Bhatara Sri Paduka Dalem/Raja-Raja Bali Kuno.

Semua Tirta yang sudah di-tuur tersebut, selanjutnya kaingkup (disatukan) di ayun palinggih Padma Tiga Pura Panataran Agung Besakih, menjadi Tirta Pangrapuh Jagat. Setelah kajejerang selama sehari, Tirta Pangrapuh Jagat selanjutnya dibagikan kepada Desa Adat se-Bali melalui masing-masing Majelis Desa Adat Kabupaten/Kota dan Majelis Desa Adat Kecamatan, pada hari Jumat (Sukra Wage, Wayang), 6 Agustus 2021. Pada hari yang sama, Desa Adat selanjutnya membagikan Tirta Pangrapuh Jagat tersebut kepada Krama Desa Adat untuk kajejerang di sanggah/pamrajan/pura paibon/pura panti/pura dadya masing-masing. Selain nyejerang Ida Bhatara maraga Tirta Pangrapuh Jagat, Krama Desa Adat juga memasang seselat berupa:
muncuk pandan madui yang diberikan tanda tapak dara (tanda +) dari pamor (kapur sirih);
bawang merah; bawang putih; dan tabia barak (cabe merah). Seselat ini dipasang di angkul-angkul atau tembok pintu masuk pekarangan rumah dan/atau kantor masing-masing Krama Desa Adat, sebagai cihna atau pinget manut Dresta Bali. Seselat ini dibiarkan terpasang sampai 42 hari (abulan pitung dina), dan di-lukar pada hari Minggu (Redite Pon, Kulantir), tanggal 19 September 2021.

Bersamaan dengan dilaksanakan Aci Pakelem Hulu-Teben ring Panca Sagara pada hari Sabtu (Saniscara Kajeng Kliwon, Wayang/Tumpek Wayang), nemu Purwani Tilem Bhadrawada/Sasih Karo, tanggal 7 Agustus 2021 Pukul 08.00 – selesai, seluruh Desa Adat se-Bali serta masing-masing keluarga Krama Adat Bali turut serta maayu-ayu secara serentak melaksanakan kegiatan ngrastiti bakti nunas ica dengan ngaturang banten aled rasa bakti sakasidan (sesuai kemampuan/ keiklasan masing-masing).

Desa Adat melaksanakan ngrastiti bakti nunas ica di Pura Kahyangan Jagat/Dang Kahyangan serta Kahyangan Desa yang ada di Wewidangan Desa Adat masing-masing, sedangkan Krama Desa Adat melaksanakan ngrastiti bakti nunas ica di sanggah/merajan/pura paibon/pura panti/pura dadia masing-masing.

Setelah Upacara Ngrastiti Bhakti Nunas Ica selesai dilaksanakan, Ida Bhatara maraga Tirta Pangrapuh Jagat yang sudah di-tuur oleh masing-masing Desa Adat serta masing-masing Krama Desa Adat selanjutnya katedunang, raris kasiratang ke seluruh palinggih dan wewidangan Desa Adat sampai ke seluruh pekarangan rumah/kantor. Tirta juga kasiratang dan katunas masing-masing Krama Desa Adat.

Tirta Pangrapuh Jagat yang kalinggihang/kajejerang ring Pura Kahyangan Jagat/Pura Jagatnatha/Pura Puseh/Pura Desa rauh ring Sanggah/Pamrajan agar tidak dihabiskan, sehingga bisa katunas setiap hari oleh seluruh Krama dan/atau seluruh anggota keluarga Krama agar Krama Bali setata kaswecanan kapaica kenak sadya rahayu.

Bila Tirta Pangrapuh Jagat tinggal sedikit, bisa diperbanyak lagi dengan tata cara sebagai berikut: Matur piuning dengan sarana banten/canang sakasidan (semampu dan seikhlasnya). Siapkan toya ning/toya anyar sukla dengan wadah yang juga sukla, lalu tuangkan Tirta Pangrapuh Jagat ini ke dalam toya ning/toya anyar, jangan justru sebaliknya, karena Tirta ini tan wenang kaungkulan.

Linggihang kembali Tirta Pangrapuh Jagat di palinggih semula (di Sanggar Surya/Padma atau Kamulan di Rong Tengah). Tirta Pangrapuh Jagat kajejerang sampai 42 hari (abulan pitung dina), kasineb pada hari Minggu (Redite Pon, Kulantir), 19 September 2021.

Gubernur Bali hadir langsung Mabhakti dan dilanjutkan Upacara Aci Pakelem di Pura Sagara Danu Batur, didampingi oleh Bupati Bangli, Sekretaris Daerah, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kepala BPBD, Kepala Biro Umum dan Protokol Provinsi Bali, serta Panyarikan Agung Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali, dan MDA Kabupaten Bangli. Sedangkan pelaksanaan Upacara di Empat Pura Sagara yang lain, Gubernur memberikan mandat kepada Kepala Perangkat Daerah untuk melaksanakan Upacara Mabhakti dan Pakelem atas nama Gubernur Bali.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com