SD Kecamatan Mengwi I Juara Umum Cerdas Cermat Susatra Bali 2021 - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

6/14/21

SD Kecamatan Mengwi I Juara Umum Cerdas Cermat Susatra Bali 2021

 

Denpasar, dewatanews.com - Koordinator Provinsi Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widyatarka) Susastra Bali Tahun 2021, Dr. I Gusti Ayu Diah Werdhi Srikandi Suyasa mengatakan lomba cerdas cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali Tahun 2021 dilaksanakan dalam rangka HUT Ke-48 PDI Perjuangan dan Bulan Bung Karno.

Dan lomba cerdas cermat bahasa, aksara, dan sastra Bali ini merupakan yang pertama kalinya di gelar. Selama ini belum pernah ada instansi pemerintah maupun swasta melaksanakan Lomba cerdas cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali.

"Semoga lomba cerdas cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali Tahun 2021 dapat terus dikembangkan dalam berbagai ajang dan kesempatan pada tahun-tahun mendatang,'' ucapnya, Senin (14/60/).

Diah Srikandi Suyasa juga menyampaikan lomba cerdas cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali Tahun 2021 yang kita laksanakan hari ini merupakan bentuk implementasi Visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” serta implementasi Perda Bali Nomor 1 Tahun 2018 dan Pergub Bali Nomor 80 Tahun 2018.  

Selain itu, lomba cerdas cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali Tahun 2021 bertujuan meningkatkan literasi generasi muda krama Bali dalam upaya mengembangkan sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi yaitu berkualitas dan berintegritas, bermutu, profesional dan bermoral, serta memiliki jati diri kokoh berbasis nilai kearifan lokal Bali yang dikandung dalam bahasa, aksara, dan sastra Bali.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa Bahasa Bali sebagai bahasa daerah yang bertumbuh kembang dalam kehidupan masyarakat Bali berkedudukan sebagai kekayaan budaya nasional yang harus dihormati dan dipelihara keberadaannya.

"Bahasa Bali juga memiliki fungsi integral sebagai lambang kebanggaan dan identitas suku Bali; alat komunikasi dan ekspresi keluarga suku Bali, serta pendukung kebudayaan Bali dan Agama Hindu," terangnya.

Dijelaskan, lomba cerdas cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali Tahun 2021 merupakan langkah strategis serta bentuk kepedulian PDI Perjuangan dalam mengantisipasi dinamika perubahan masyarakat Bali yang berdampak pada eksistensi bahasa, aksara, sastra Bali, serta sekaligus mengembalikan Bali sebagai pusat peradaban dunia/Bali Padma Bhuwana.

Dimana, lomba cerdas cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali Tahun 2021 yang diselenggarakan secara berjenjang, mulai dari Kabupaten/Kota (DPC) hingga Provinsi (DPD) yang diikuti oleh peserta siswa/siswi SD, SMP, dan SMA/SMK untuk masing-masing ada 9 regu ini.

Grand Final lomba cerdas cermat yang berhasil meraih juara untuk tingkat SD yakni juara I berhasil diraih oleh SD Kecamatan Mengwi I masing-masing atas nama Gede Bagus Dias Esa Pramana, Putu Bagus Dendra Putra Maulana, dan  Ni Nyoman Sri Jelita Aryanti.

Untuk juara II berhasil diraih oleh SDN 6 Gianyar masing-masing atas nama Dewa Gede Bhanu Daniswara, Pande Putu Ratih Widya Paramitha, dan I Gusti Ayu Indri Maheswari.

Dan juara III diraih oleh SDN 4 Subagan masing-masing atas nama I Gusti Made Dwi K. Mahesyana, Ni Komang Estya Putri Aryantari, dan I Gusti Ayu Putu Cindra Pratiwi.

Sedangkan untuk juara tingkat SMP yang berhasil meraih juara I dari SMPN 1 Tabanan masing-masing atas nama Ni Made Satwika Wiweka Waradana, Ni Luh Putu Senja Pramesti Maharani, dan Dewa Ayu Made Diana Putri.

Juara II dari SMPN 1 Mendoyo masing-masing atas nama  Ni Made Reesa Alitannia, I Gede Danu Herlangga, dan Ni Made Indra Ciptha Wedantha Pradipta. Dan juara III dari SMPN 2 Semarapura masing-masing atas nama A.A Istri Ngurah Sri M.D, Ni Komang Nita Swandari, dan Ni Komang Putri Yanthi.

Sementara untuk tingkat SMA/SMK yang berhasil meraih juara I dari SMKN 1 Amlapura masing-masing atas nama Ni Luh Candrawati, I Gusti Ayu Agung Mas Jyoti Antara, dan Ni Komang Ayu Indrasari Dewi.

Juara II dari SMAN 1 Abiansemal masing-masing atas nama Ni Putu Putri Setiari, Ni Putu Putri Indriati Pramarani, dan A.A Bagus Mahaputra Dwinata. Dan juara III dari SMA Pariwisata Saraswati Klungkung masing-masing atas nama Ni Luh Putu Ariyani, Ni Kadek Ela Rehanita, dan Putu Leoni Artika Putri.

Diah Srikandi Suyasa menambahkan dalam acara Grand Final lomba cerdas cermat dibuka langsung oleh Ketua DPD PDI Perjuangan yang juga selaku Gubernur Bali Dr. Ir. Wayan Koster, MM.

"Semoga lomba cerdas cermat ini kedepanya bisa terus dilaksanakan, mengingat pemahaman Bahasa Bali itu sangat penting terutamanya bagi kita orang Bali yakni terus bisa membudayakan apa yang sudah menjadi warisan budaya yakni Bahasa Bali sebagai Bahasa Ibunya orang Bali," pungkasnya. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com