Buka Lomba Baleganjur Se-Bali, Wawali Denpasar Harap Anak Muda Terus Berkarya - Dewata News

Breaking News

5/29/21

Buka Lomba Baleganjur Se-Bali, Wawali Denpasar Harap Anak Muda Terus Berkarya

 

Denpasar, dewatanews.com - Serangkaian Hut ke 12 Tahun, Sekaa Gong Gita Widya Kencana, Pura Taman Sari, Desa Adat Padangsambian diadakan lomba Baleganjur secara Virtual Kategori Umum Se-Bali, kegiatan tersebut dihadiri sekaligus dibuka oleh Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Plt. Camat Denpasar Barat, I.B. Made Purwanasara, Plt. Lurah Padangsambian, Luh Sri Uma Saraswati, serta Tokoh Masyarakat dan undangan lainnya di kantor LPD Desa Adat Padangsambian pada, Sabtu (29/5).

Lomba Beleganjur secara Virtual Kategori Umum Se-Bali ini dimulai pada Sabtu, (29/5) dan berlangsung selama 2 hari, Hari pertama akan ditampilkan sebanyak 20 Sekaa peserta melalui proyektor yang telah disiapkan dan sisanya akan ditampilkan di hari kedua yaitu hari Minggu (30/5).

Dalam Sambutannya, Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa menyampaikan apresiasi serta berterima kasih kepada  panitia atas terlaksananya Lomba Baleganjur Virtual Kategori Umum se-Bali "Saya sangat bangga karena dalam situasi pandemi seperti saat ini anak-anak muda yang tergabung dalam Sekaa Gong Gita Widya Kencana tidak serta merta berdiam diri, tetapi tetap bergerak memberikan ruang bagi kaum segenerasi agar terus bisa berkarya," ujar Kadek Agus.

Lebih lanjut, diharapkan lomba Baleganjur ini dapat terus diadakan agar pilar-pilar penopang budaya Bali khususnya di Kota Denpasar dapat tetap kokoh dan berkembang secara berkelanjutan "Melalui lomba ini saya yakin kesenian Baleganjur khususnya di Kota Denpasar tidak akan pernah hilang, ini merupakan kekuatan kita ditengah dunia global saat ini dan saya berharap budaya merupakan harga mati dalam kehidupan kita bermasyarakat khususnya di Kota Denpasar," harapnya.

Sementara ketua panitia Lomba Baleganjur Virtual, I Nyoman Suanda mengatakan Lomba Baleganjur Virtual Kategori Umum Se Bali ini diselenggarakan untuk pertama kalinya dalam rangkaian Hut ke 12 Tahun Sekaa Gong Gita Widya Kencana Pura Taman Sari "Lomba Baleganjur virtual akan diadakan selama 2 hari, di hari pertama akan dilaksanakan pembukaan sekaligus pemutaran 20 video peserta, sementara di hari kedua akan ditampilkan 17 video peserta sekaligus pengumuman juara," ujar nyoman Suanda.

Lebih lanjut dikatakan Kriteria penilaian meliputi, Kreativitas berupa Ide/gagasan, bentuk/komposisi garapan, keharmonisan, keutuhan garapan, kejelasan suara instrumen/gamelan serta tehnik gegebug. Para peserta akan dinilai oleh pakar seni diantaranya: I Ketut Suandita, I Wayan Darya, I Ketut Lanus, dan Peserta yang keluar sebagai juara akan mendapatkan Piala, Piagam Penghargaan serta Hadiah Uang Tunai yang akan diserahkan pada tanggal 5 Juni 2021 mendatang.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com