KRI Nanggala-402 Ditemukan Terbelah Jadi 3 Bagian, Seluruh Awak Gugur - Dewata News

Breaking News

4/25/21

KRI Nanggala-402 Ditemukan Terbelah Jadi 3 Bagian, Seluruh Awak Gugur

 

Badung, dewatanews.com - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, Minggu (25/4) sore dalam keterangan persnya kepada awak media menyampaikan bahwa KRI Nanggala-402 tenggelam dan seluruh awaknya yang berjumlah 53 orang dinyatakan gugur. Yudo menyebut, KRI Nanggala-402 yang hilang kontak pada Rabu (21/4) tersebut dinyatakan terbelah menjadi 3 bagian.


"Pencarian KRI Nanggala-402 dilakukan oleh KRI Rigel dengan menggunakan multibeam echosounder untuk mendeteksi citra bawah air. Pendeteksian itu juga dibantu oleh MV Swift Rescue dari Singapura. MV Swift Rescue mengeluarkan ROV untuk menindaklanjuti kontak bawah air," jelasnya dihadapan Panglima TNI dan Kapolri.

Lebih lanjut disampaikan Yudo, ROV Singapura mendapatkan kontak visual pada posisi 07 derajat 48 menit 56 detik selatan dan 114 derajat 51 menit 20 detik timur. Dari tempat tenggelamnya KRI Nanggala berjarak kurang lebih 1.500 yard di selatan pada kedalaman 838 meter.

Yudo menambahkan, kembali ditemukannya bagian-bagian dari KRI Nanggala-402 dan dipastikan jika KRI Nanggala-402 terbelah menjadi 3 bagian.

"Dalam pencarian, ditemukan puing-puing kapal. Di antaranya seperti kemudi kapal, pakaian escape suit MK11, dan badan kapal. Ini bagian-bagian yang terbuka, ini berserakan, memang tidak terlalu jelas karena mungkin dalamnya laut masih pagi tadi mungkin belum terlalu terang, ya ini masih bagian-bagian dari dalamnya kapal," jelasnya.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Hadi menyampaikan bahwa seluruh awak KRI Nanggala-402 dinyatakan telah gugur.

"Satgas SAR, telah mengerahkan segala kemampuannya untuk memastikan keberadaan KRI Nanggala-402. KRI Rigel juga telah melakukan pemindaian secara akurat dengan multibeam sonar dan magnetometer untuk menghasilkan citra bawah air yang lebih detail. MV Ship Rescue juga telah menurunkanROV-nya untuk memperkuat citra bawah air," terangnya.

Untuk itu, Ia mengucapkan turut berduka cita atas gugurnya para awak KRI Nanggala-402 saat sedang bertugas.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com