Hadiri HUT BKOW, Wagub Cok Ace Puji Semangat Perempuan di Tengah Pandemi - Dewata News

Breaking News

4/21/21

Hadiri HUT BKOW, Wagub Cok Ace Puji Semangat Perempuan di Tengah Pandemi

 

Denpasar, dewatanews.com -
Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) memuji semangat yang ditunjukkan kaum perempuan di tengah pandemi Covid-19 yang hingga kini belum menunjukkan tanda-tanda akan segera berakhir. 

 

Ia mengamati, selama masa pandemi, sosok perempuan dengan kreativitasnya sangat membantu dalam pemenuhan kebutuhan keluarga. Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Peringatan HUT ke-58 Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Bali yang dilaksanakan di Auditorium Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar, Rabu (21/4/2021).

Lebih jauh Wagub Cok Ace mengurai, pandemi Covid-19 yang telah berlangsung lebih dari setahun memberi tekanan sangat berat bagi Daerah Bali yang bertumpu pada sektor pariwisata. Pada tahun 2020, dibandingkan provinsi lainnya, Bali mengalami kontraksi ekonomi paling parah. Secara kumulatif, selama tahun 2020 perekonomian Bali tercatat tumbuh negatif (terkontraksi) sedalam -9,31 persen. 

 

“Kita peringkat terbawah yaitu ke-34, Kepulauan Riau yang di peringkat 33, mencatat kontraksi hanya sebesar -3,2 persen. Itu memberi gambaran bahwa daerah kita parah sekali,” ucapnya. 

 

Dampak lainnya adalah bertambahnya angka pengangguran. Sebelum Covid-19, Bali tercatat sebagai provinsi dengan tingkat pengangguran paling kecil yaitu sebesar 1,2 persen. Namun setelah Covid-19, angka pengangguran bertambah menjadi 5,6 persen dan Bali menempati peringkat 18. 

 

Selain memberi tekanan berat pada sektor ekonomi, Cok Ace menyebut pandemi Covid-19 juga menyentuh sektor sosial budaya dan keamanan. Di bidang keamanan, mulai muncul tindak kriminal pada wilayah yang sebelumnya notabene cukup aman seperti Gianyar.

Dikaitkan dengan situasi saat ini, Cok Ace mendorong sinergitas organisasi perempuan yang tergabung dalam wadah BKOW. Ia menilai, para perempuan telah menunjukkan semangat yang luar biasa dalam menghadapi pandemi. Bahkan, Guru Besar ISI Denpasar ini berpendapat, paradigma kalau laki-laki sebagai tulang punggung keluarga telah bergeser. 

 

“Saya amati, kaum ibu yang menunjukkan semangat luar biasa di tengah pandemi. Mereka kreatif mencari peluang untuk membantu suami dalam memenuhi kebutuhan keluarga,” imbuhnya. 

 

Bila dikaitkan dengan momentum Hari Kartini, apa yang dilakukan kaum perempuan di tengah pandemi telah menunjukkan semangat emansipasi.  

Masih dalam arahannya, Panglingsir Puri Ubud ini mengatakan BKOW punya peran dan posisi yang sangat strategis dalam mendorong semangat kaum perempuan di tengah pandemi. Ia menilai, peringatan HUT BKOW ke-58 di tengah situasi pandemi mengusung tema yang sangat tepat yaitu ‘Perempuan Berkarya, Berdaya dan Berbudaya’. 

 

“Ini tema yang sangat tepat di tengah situasi pandemi dan diharapkan mampu menjawab tantangan yang kita hadapi,” ujarnya. BKOW Bali diminta mampu mendorong perempuan untuk terus berkarya dan mengembangkan kreativitas guna membantu mengatasi angka pengangguran.

Sementara itu, Ketua Umum BKOW Bali Ny. Tjokorda Putri Hariyani Ardhana Sukawati (Ny. Cok Ace) dalam sambutannya mengajak para perempuan mengingat kembali spirit emansipasi RA. Kartini. Ia menambahkan, sosok perempuan memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan khususnya di tengah situasi pandemi Covid-19. Kebiasaan baru di tengah pandemi seperti penerapan protokol kesehatan dan belajar dari rumah membutuhkan peran aktif perempuan sebagai sosok ibu. 

 

Pada bagian lain, Ny. Cok Ace melaporkan rangkaian kegiatan memperingati HUT BKOW ke-58 yaitu  persembahyangan ke sejumlah pura, pemberian bantuan bagi penyandang disabilitas, pembinaan petani jahe di Bangli, pelatihan tata rias dan pasar murah. “Kami juga melaksanakan kegiatan peduli satwa dengan pemberian makan bagi kera di Alas Kedaton,” imbuhnya. 

 

Mengakhiri sambutannya, ia menyampaikan terima kasih pada semua pihak yang telah mendukung suksesnya peringatan HUT ke-58 BKOW Bali.
Pada momentum peringatan hari jadi tahun ini, BKOW Bali menandatangani kerjasama dengan UNHI Denpasar. Rektor UNHI Denpasar Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, M.S menyambut positif kerjasama ini sebagai bagian dari aktualisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.
 

 

Pemotongan tumpeng oleh Ny. Cok Ace menandai puncak peringatan HUT ke-58 BKOW Provinsi Bali. Potongan tumpeng diserahkan kepada Wagub Cok Ace dan Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster, disaksikan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Bali Ny. Widiasmini Indra. HUT BKOW juga dimeriahkan peragaan busana oleh jajaran pengurus DWP Provinsi Bali.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com