Di Gembleng UNNES, Dosen UPMI Ciptakan Inovasi Dalam BK - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

2/24/21

Di Gembleng UNNES, Dosen UPMI Ciptakan Inovasi Dalam BK

 

Denpasar, dewatanews.com - Dr. Raden Roro Dwi Umi Badriyah, MPd.Kons yang akrab di sapa Roro Ningrum kini sudah berhasil meraih gelar Doktor di Universitas Negeri Semarang.

"Selama proses peraihan gelar Doktor, selama itu juga saya mendapat bimbingan di Universitas Negri semarang," ujarnya, Rabu (24/2).

Dikatakannya, bahkan selama menjadi dosen UPMI yang mana sempat diperbantukan di Universitas PGRI Mahadewa Indonesia (UPMI) yang dulu namanya IKIP PGRI Bali sudah berhasil membuat inovasi Bimbingan Konseling (BK) terutamanya dalam menyikapi situasi terkini terkait kondisi para siswa di Bali saat masa Pandemi Covid-19.

 

Menurutnya, saat ini kita terlalu sering mengagung-agungkan metode bimbingan dan konseling dari Barat (Mancanegara-red). Pada saat yang sama, kita terlalu merendahkan kearifan lokal dan enggan menggali potensi terapeutiknya serta mengadopsinya dalam upaya membimbing dan konseling siswa ke arah prilaku positif. Sementara itu kenakalan remaja semakin meningkat

"Saya bisa memunculkan inovasi BK dikarena Bali itu penuh dengan keunikan dan masih kental dengan kultur sejarah budaya serta adat istiadat yang sudah dirasakan menjadi warisan nenek moyang," terangnya.

Sembari mengatakan kalau di era milinial ini tentu sangat bisa di rasakan masih adanya kenakalan remaja. Bahkan kenakalan remaja yang dirasakan saat ini bisa sangat memprihatinkan.

"Memandang hal tersebut, maka saya pun memberanikan diri untuk mengambil bahan skripsi dari tingkat kenakalan remaja di era milinial ini. Paling tidak dari Desertasi  yang dibuat sudah berhasil membuktikan dihadapan para penguji," imbuhnya.

Roro Ningrum juga menyampaikan ada tiga orang penguji yang menyambut baik hasil Desertasi  yang dipaparkan diantaranya Prof Dr. Mungin Edi Wibowo M Pd .Kons , Prof Dr DYP Sugiharto M Pd .Kons Prof Dr.Rustono M.Hum dari Universitas Negeri Semarang, Prof Dr. Andi Mappiare dari Universiras Negri Malang.
Prof.Dr. Ida Bagus Yuda Triguna M.S dari Universitas dari Universitas Hindu Denpasar yang sekaligus menjadi Promotornya.

Dalam ujian tersebut Prof Andi Mappiere menyampaikan bahwa budaya sangat tepat dijadikan benteng bagi suatu bangsa.

Sedangkan Prof Yuda Triguna justru berpikiran beda, malah beliau justru memberikan banyak apresiasi terkait hasil Desertasi yang diangkat.

"Dimana  Roro Ninggrum bukan orang Bali, namun lbisa menyatu dengan budaya dan agama  Bali, hingga dapat menemukan intisari nilai spiritualnya Bali " ucap Prof Yuda Triguna kala itu.

Roro Ningrum menambahkan dalam kesempatan ini, Ia mengucapkan terima kasih atas dukungan dari lRektor Universitas PGRI Mahadewa Dr I Made Suarta, SH, M.Hum yang telah mensupport hingga berhasil membuat inovasi dalam BK, dan sekaligus bisa meraih gelar Doktor.

Sekaligus juga Ia mengucapkan terima kasih kepada para dosen di Universitas PGRI Mahadewa Indonesia, dan juga dukungan penuh dari Universitas Negeri semarang yang selama ini telah menggembleng hingga terwujud sebuah pendekatan konseling berbasis nilai spiritual.

"Saya ucapkan  terima kasih kepada keluarga besar SMA Dwijendra, sebab dengan kebersamaan  selama penelitian berlangsung  akhirnya mampu membuahkan  sebuah inovasi dalam BK," tambahnya. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com