Danrem 163/Wirasatya Harap Semakin Banyak Jadi Pendonor Plasma Konvalesen - Dewata News

Breaking News

2/11/21

Danrem 163/Wirasatya Harap Semakin Banyak Jadi Pendonor Plasma Konvalesen

 

Denpasar, dewatanews.com - Jajaran TNI Angkatan Darat dalam hal ini Korem 163/Wira Satya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Provinsi Bali serta didukung sejumlah BUMN kembali menggelar kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen.

"Kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen ini merupakan yang kedua pada minggu ini, pada Selasa (09/02/2021) kemarin sudah diawali di Kodim 1617/Jembrana. Hari Kamis (11/02/2021) dilaksanakan di Makorem 163/Wira Satya, Denpasar. Kemudian pekan depan di Kodim 1610/Klungkung, Selasa (16/02/2021) dan Kodim 1609/Buleleng, Kamis (18/02/2021)", jelas Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf, S.H. saat meninjau pelaksanaan donor di Aula Gedung Wira Satya (11/02/2021) yang juga dihadiri oleh Wakil Gubernur  Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali Trisno Nugroho, Ketua PMI Bali I Gusti Bagus Alit Putra dan sejumlah undangan lainnya.

Lanjut Danrem, kegiatan bakti sosial donor darah dan donor plasma konvalesen tersebut digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 60 Korem 163/Wira Satya yang puncak peringatannya jatuh pada tanggal 24 Februari 2021 mendatang. Ada juga kegiatan bakti sosial lainnya dilaksanakan yaitu rehabilitasi rumah layak huni di Kodim 1609/Buleleng yang penyerahan kuncinya kepada Pekak I Ketut Suma dilakukan pada Sabtu (06/02/2021) lalu.
Ke depan kita juga merencanakan kegiatan Penjamasan atau Penyucian Duaja Korem 163/Wira Satya di Pura Gunung Kawi Tampaksiring serta acara syukuran sederhana pada tanggal 24 Februari 2021 mendatang.

"Semua kita selenggarakan dengan tetap mempedomani protokol kesehatan karena saat ini masih dalam kondisi Pandemi COVID-19. Kegiatan donor yang kita laksanakan yaitu dalam rangka membantu penanganan COVID-19. Plasma yang dihasilkan dapat dimanfaatkan untuk terapi penyembuhan bagi mereka yang saat ini berstatus pasien positif COVID-19 dalam kondisi sedang dan berat", papar Brigjen Husein Sagaf.

Danrem juga berharap semakin banyak warga masyarakat yang telah dinyatakan sembuh dari COVID-19 untuk menjadi pendonor seraya menambahkan bahwa pendonor kali ini berasal dari kalangan Keluarga Besar TNI, Polri dan juga masyarakat umum.

Ketua PMI Provinsi Bali I Gusti Bagus Alit Putra mengapresiasi kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen yang dilaksanakan oleh Jajaran TNI AD di wilayah Bali termasuk oleh Korem 163/Wira Satya dalam rangka menyongsong Hari Ulang Tahun Ke 60 satuan ini.

"Kita apresiasi untuk kesekian kalinya dua jenis kegiatan donor ini dilaksanakan, seraya menambahkan bahwa sejauh ini selama Pandemi COVID-19 baru menghasilkan 360 kantong plasma konvalesen", jelas IGB Alit Putra.

Hal yang sama juga dikemukakan oleh Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali Trisno Nugroho yang mengatakan Bank Indonesia berkomitmen untuk selalu mendukung segala upaya penanganan COVID-19 di berbagai sektor sosial ekonomi dalam rangka mempercepat Bali Bangkit Bebas COVID-19, salah satunya yakni melalui kegiatan kemanusiaan donor darah dan donor plasma konvalesen.

"Ketersediaan darah yang cukup dan memadai bagi masyarakat menjadi salah satu kebutuhan krusial terutama di masa Pandemi COVID-19 seperti saat ini", sebut Trisno Nugroho.

Dirinya juga berharap kepada masyarakat yang pernah terpapar COVID-19 dan telah dinyatakan sembuh untuk tidak segan mendonorkan plasmanya sehingga dapat membantu masyarakat yang saat ini dirawat sebagai pasien COVID-19.

"Apresiasi dan terima kasih, niscaya darah yang telah didonorkan pasti berguna bagi kesehatan masyarakat Bali", pungkasnya.

Dari kegiatan donor darah dan donor plasma kali ini menghasilkan 6 kantong donor plasma dan 108 kantong donor darah dengan rincian golongan darah A sejumlah 18 kantong, golongan darah B    sejumlah 43 kantong, golongan darah O sejumlah 37 kantong dan golongan darah AB sejumlah 10 kantong.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com