Bulan Bahasa Bali, UPMI Bali Gelar Berbagai Lomba - Dewata News

Breaking News

2/27/21

Bulan Bahasa Bali, UPMI Bali Gelar Berbagai Lomba

 

Denpasar, dewatanews.com - Dalam rangka mengisi Bulan Bahasa Bali yang sudah dimulai awal bulan Februari hingga 28 Februari 2021, di Universitas PGRI Mahadewa Indonesia (UPMI) Bali yang sebelumnya disebut dengan IKIP PGRI BALI beberapa waktu lalu menyelenggarakan berbagai lomba diantaranya lomba matembang Pop Bali, matembang pupuh dan pidarto bahasa Bali, nyanyi lagu uripe maguna padma wahini dan nyanyi gering covid.

Selanjutnya, pada Jumat (26/2) dilaksanakan pembagian hadiah lomba yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah UPMI Bali di Aula Redha Gunawan, Lt III.

Acara penyerahan hadiah ini langsung dihadiri oleh Rektor UPMI Bali Dr. I Made Suarta, SH.,M.Hum dengan didampingi oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sekaligus dipercaya selaku Ketua Panitia Ultah LLDIKTI ke 39 Dr. Komang Indra Wirawan, S.Sn.,M.Fil.H, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah I Kadek Adhi Dwipayana, S.Pd.,M.Pd., dan Wakil Dekan 3 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Dr. Drs., Agustinus Dei Segu., M.Fis.AIFO.

Rektor UPMI Bali Made Suarta mengatakan kegiatan lomba menyambut Bulan Bahasa Bali ini adalah dalam rangka mendukung Pemerintah Provinsi (Pemrov) Bali dengan versi Nangun Sad Kerthi Loka Bali.

"Selain itu, dalam lomba Bulan Bahasa Bali ini juga lebih banyak mengangkat potensi-potensi budaya. Salah satunya bahasa Bali yang mana sangat perlu untuk terus dilestarikan keberadaannya," ucapnya.

Made Suarta juga mengatakan lomba yang diikuti oleh puluhan siswa SMA/SMK dan Perguruan Tinggi se-Bali ini juga bagian dari penerapan pendidikan karakter. Lomba-lomba yang sudah dilaksanakan kemarin lewat online.

"Itupun kita di UPMI Bali sangat mengikuti aturan Protokol Kesehatan (Prokes) di Pandemi Covid-19 ini. Hanya untuk pembagian hadianya saja dilakukan di UPMI Bali," imbuhnya.

Made Suarta juga menambahkan selama Pandemi Covid-19 ini juga membuat lagu ciptaan sendiri berjudul Swa Dharmaning Sisya. Karena dalam lagu ini ada pelajaran inti yang bisa dipetik dalam lirik lagu ini.

Dalam inti lagu itu lebih banyak mengingatkan mahasiswa agar belajar sungguh-sungguh untuk mencapai hasil yang maksimal sehingga nantinya di masa depan bisa meraih hasil yang cemerlang dan rahayu.

"Saya juga sempat membuat lagu terkait Pandemi Covid-19 yang juga sudah vital di youtube," tambahnya. (DN - Bdi)

 

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com