Pangdam IX/Udayana Motivasi Petani Porang Desa Candikusuma - Dewata News

Breaking News

12/20/20

Pangdam IX/Udayana Motivasi Petani Porang Desa Candikusuma

 

Jembrana, dewatanews.com - Sebagai upaya meningkatkan Ketahanan Pangan, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., melaksanakan kegiatan tatap muka dengan Kelompok Tani Tanaman Porang yang dikembangkan oleh Perusahaan Daerah (Perusda) Unit Perkebunan Sangiang.

Acara yang di gelar pada Sabtu (19/12) bertempat di Perusahaan Daerah, Kantor Unit Perkebunan Sangiang, Desa Candikusuma, Kec. Melaya, Kab. Jembrana tersebut Pangdam IX/Udayana setibanya di lokasi pertemuan disambut oleh Kepala Unit Perkebunan Sangiang I Gusti Ketut Darmayasa.

Saat Pangdam bersama rombongan melaksanakan tatap muka dengan Kelompok Tani Tanaman Porang, Kepala Unit Perkebunan Sangiang menjelaskan bahwa lahan yang ada di perkebunan unit Sangiang/Persil seluas 106 hektar dan untuk penanaman Porang lahan yang sudah siap saat ini seluas 25 hektar. Dimana jumlah bibit Porang yang dibutuhkan sebanyak 500.000 pohon, namun saat ini baru terealisasi seluas 4 hektar dengan jumlah bibit Porang yang dihabiskan sebanyak 100.000 pohon.
 
Selanjutnya terkait kendala budidaya Porang oleh pihak petani, bahwa para petani terkendala dengan masalah modal dan juga adanya isu lahan perkebunan akan dialih fungsikan menjadi lahan industri dari pihak provinsi, sehingga pihak pemilik lahan dalam hal ini Perusda Kabupaten Jembrana menjadi ragu untuk mengembangkan budidaya Porang dimaksud, jelasnya.

Kepala Unit Perkebunan Sangiang dan para Petani Porang berharap melalui Bapak Pangdam IX/Udayana, bisa membantu mengkoordinasikan ke Pemprov. Bali agar lahan yang ada di perkebunan seluas 106 Hektar bisa tetap dijadikan lahan perkebunan dan jangan sampai dialihfungsikan sebagai lahan industri, karena hal tersebut saat ini menjadi isu yang dapat melemahkan para Petani Porang.

Terkait permohonan Kepala Unit Perkebunan Sangiang dan para Petani Porang tersebut, Pangdam menyampaikan, bahwa hal tersebut akan membantu untuk mengkoordinasikan kepada Pemerintah Provinsi Bali dalam hal ini apa yang menjadi keinginan baik Kepala Unit Perkebunan Sangiang maupun para Petani Porang.

“Kita sadari bersama, budidaya tanaman Porang jika memang benar-benar dikelola dengan baik bisa menjadi salah satu penghasilan peningkatan ekonomi masyarakat, terlebih saat ini kita sedang dihadapkan dengan situasi pandemi Covid-19. Sehingga produksi Porang ini dapat menjadi salahsatu penopang ketahanan pangan”, jelas Pangdam.  

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Asintel Kasdam IX/Udayana, Asops Kasdam IX/Udayana, Aslog Kasdam IX/Udayana, Aster Kasdam IX/Udayana, Kapendam IX/Udayana, Kasi Ops Korem 163/WSA, Dandim 1617/Jembrana, Danyonif Mekanis 741/GN dan Kelompok Tani Tanaman Porang berjumlah 30 orang.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com