Ny. Putri Koster Ingatkan Pelaku Usaha Tak Hilangkan Warisan Leluhur - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

12/19/20

Ny. Putri Koster Ingatkan Pelaku Usaha Tak Hilangkan Warisan Leluhur

 

Gianyar, dewatanews.com - Ketua Umum Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster mengingatkan masyarakat, khususnya para pelaku usaha yang bergerak di bidang kerajinan untuk tidak menjadi generasi yang menghilangkan warisan leluhur.

Penekanan tersebut disampaikan Ny Putri Koster ketika memberikan sambutan pada Lomba Fashion Show Endek dan Songket yang digelar Perkumpulan Perempuan Wirausaha (Perwira) Daerah Bali, di Wantilan Restoran Bebek Joni, Peliatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Sabtu (19/12).

Ketua Umum Dekranasda Provinsi Bali menegaskan hal itu terkait dengan maraknya produksi kain oleh kalangan pabrik dan bordir yang meniru motif endek maupun songket Bali. Ia pun tak bosan mengingatkan dua kewajiban yang harus diemban oleh para perajin dan pelaku UMKM, yaitu melestarikan dan mengembangkan apa yang telah diwariskan oleh generasi terdahulu.

Menurutnya, dua kewajiban itu hendaknya bisa dilaksanakan secara berimbang. Dia menambahkan, sah-sah saja kreativitas berkembang dalam produksi kain tradisional seperti teknik bordir atau printing. Hanya saja, ia mengingatkan agar pembuatnya menciptakan motif tersendiri, bukan menjiplak motif khas Bali. “Selain itu, penggunaannya juga harus dibedakan. Hasil tenunan asli digunakan untuk kamen, sedangkan yang bordiran kita arahkan untuk digunakan sebagai bahan busana atau kerajinan lain seperti tas,” ujarnya, menandaskan.

Tak hanya pada kain tradisonal, Ny Putri Koster juga melihat ancaman serupa pada kerajinan perak yang belakangan bersaing dengan bahan alpaka, yang dalam pembuatannya menggunakan teknik cetak. “Lambat laun, keahlian mengukir perak yang diwariskan secara turun-temurun akan hilang,” katanyas. Untuk itu, ia mengajak semua pihak dapat menyatukan komitman agar kembali ke inti penciptaan, sehingga taksu Bali tetap terjaga.

Pada bagian lain, perempuan yang dikenal sebagai seniman serba bisa ini juga menyampaikan apresiasi terhadap keberadaan Perwira yang mewadahi perempuan yang terjun di dunia usaha. Keberadaan Perwira menjadi satu bukti bahwa perempuan mempunyai etos kerja tinggi yang mampu mengemban tugas di ranah domestik dan sukses pula dalam karier di dunia usaha.

Ia menyebut satu kelebihan yang dimiliki perempuan, adalah mengerjalan segala sesuatu dengan tulus dan tanpa pamrih. “Itulah sebabnya kenapa setiap acara yang digelar oleh perempuan pasti meriah dan sukses,” ucapnya disambut aplaus oleh jajaran pengurus dan anggota Perwira.
 
Dalam kesempatan itu, pendamping orang nomor satu di Bali ini juga berkesempatan meninjau pameran kerajinan yang digelar Perwira. Ia salut karena beberapa pelaku UMKM yang berpameran adalah sosok perempuan muda. “Terus asah kemampuan wirausahanya,” pesan Ny Putri Koster kepada seorang anak muda yang memamerkan hasil kerajinan berupa busana.

Sementara itu, Ketua Perwira Daerah Bali Anak Agung Putri Puspawati menyampaikan bahwa kegiatan fashion show ini dilaksanakan untuk memeriahkan peringatan Hari Ibu ke-92 tahun 2020. Sebagai organisasi yang mewadahi perempuan pengusaha, pihaknya terus berupaya mendorong kreativitas anggota di tengah pandemi Covid-19.

Yang membahagiakan, ujar Pusapawati, anggota Perwira hingga saat ini masih aktif melakukan kegiatan usaha. Dalam kesempatan itu, ia juga menyatakan dukungan terhadap program Pemprov Bali, khususnya dalam pelestarian kain tenun tradisional.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com