LKBN ANTARA Biro Bali Luncurkan Buku Esai Peringati HUT ke-83 - Dewata News

Breaking News

12/13/20

LKBN ANTARA Biro Bali Luncurkan Buku Esai Peringati HUT ke-83

 

Denpasar, dewatanews.com - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Bali meluncurkan buku esai bertajuk "Suara Milenial untuk Bali", sebagai rangkaian HUT ke-83 kantor berita tersebut.
 
"Buku esai itu adalah hasil lomba pada HUT Antara ke-82 lalu. Semula, kami pesimistis karena temanya terkait dengan program Gubernur Bali, namun ternyata antusias dari para siswa justru membeludak,"kata Kepala Kantor LKBN ANTARA Biro Bali Edy M. Ya'kub dalam sambutannya saat peluncuran buku di Dharmanegara Alaya, Denpasar, Minggu (13/12).

Ia mengatakan awalnya muncul rasa pesimistis karena temanya terkait program Gubernur Bali, seperti bahasa Bali, busana Bali, sampah plastik, produk lokal, dan sebagainya. Namun, potensi pelajar SMA/SMK se-Bali cukup luar biasa, karena prediksi awal hanya puluhan peserta, justru membeludak hingga 103 peserta atau 103 esai.
 
Selain potensial, kata Edy, pelajar Bali juga sangat kritis, bahkan menyertakan solusi yang layak untuk direalisasikan oleh pemerintah daerah.
 
Salah satunya terkait peranan bahasa Bali dalam pendidikan, dari esai tersebut mengusulkan untuk merumuskan modul dalam pembelajaran di sekolah. Selain itu, membentuk kawasan bahasa/sastra Bali pada lokasi tertentu.
 
Selain peluncuran buku esai, rangkaian acara lainnya berupa workshop jurnalistik dan materi foto jurnalistik. "Pihak ALAYA mengapresiasi workshop jurnalistik karena pesertanya membeludak dan jika tidak dibatasi akan banyak, karena itu workshop jurnalistik serta lomba esai yang sama sangat mungkin diselenggarakan lagi untuk tahun berikutnya," katanya.
 
Jumlah peserta workshop jurnalistik sekitar 30 orang dari kalangan mahasiswa dan staf humas dari beberapa instansi yang juga bekerja sama dengan LKBN ANTARA. Beberapa peserta berharap kegiatan workshop jurnalistik oleh LKBN ANTARA khususnya di Bali, dapat berlangsung secara berkelanjutan.
 
Rangkaian peringatan HUT ke-83 LKBN ANTARA di Bali diawali dengan pameran foto "COVID-19" bertajuk "Grubug Ageng" di Gedung Kesenian Dharmanegara Alaya (DNA) Denpasar pada 3 Oktober hingga 31 Desember 2020. Kemudian, acara Simakrama Internal Keluarga Besar LKBN ANTARA Bali bersama karyawan dan pensiunan di Kantor ANTARA Bali pada 12 Desember 2020.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com