Destinasi Wisata Goa Lawah Terima Revitaliasi Toilet Bersih dari Kemenparekraf - Dewata News

Breaking News

12/10/20

Destinasi Wisata Goa Lawah Terima Revitaliasi Toilet Bersih dari Kemenparekraf

 

Klungkung, dewatanews.com - Destinasi wisata Goa Lawah Desa Pesinggahan, Kecamatan mendapat revitalisasi toilet bersih dari Kemenparekraf. Serah terima hasil revitalisasi dilakukan Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Kemenparekraf, Wawan Gunawan dengan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta ditandai dengan pemotongan pita, Kamis (10/12). Turut hadir dalam acara tersebut Kadis Pariwisata Kabupaten Klungkung, A.A Gede Putra Wedana, Camat Dawan, Dewa Widiantara dan undangan lainnya.

 
Destinasi wisata bersih, indah, dan nyaman bisa dilihat dari toilet yang menunjang. Penting sekali bagi destinasi wisata untuk memelihara dan menjaga kebersihan toilet sesuai dengan standar internasional. Melaui Program Revitaliasi Toilet Kemenparekraf merevitalisasi toilet di sejumlah destinasi wisata favorit di Bali salah satunya di Kabupaten Klungkung, yakni toilet di Goa Lawah agar memenuhi standar dan penerapan protokol kesehatan berdasarkan konsep Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE).
 

Bupati Klungklung, I Nyoman Suwirta dalam sambutannya, menyampaikan terimakasih atas bantuan yang diberikan. Pihaknya berharap dari pihak pengelola dan dinas pariwisata untuk pengelolan toilet ini agar sebaik-baiknya. Kalau memang harus ada retribusi atau pungutan silakan diatur dengan baik untuk melakukan pemeliharaan. 

 

"Toilet ini tidak boleh bagus hari ini saja, harus berkelanjutan, sehingga kesan baik pun juga akan berkelanjutan," Ujar Bupati Suwirta. 

 

Pihaknya juga menugaskan para pengawas yang menjaga toilet ini agar dijaga dengan baik, sehingga aset yang diberikan ini bermanfaat dan tentu memberikan kesan dan pesan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke goa lawah, bahwa pelayanan di destinasi wisata goa lawah sudah memenuhi standar nasional. 

 

"Membuat itu jauh lebih mudah, tetapi untuk memelihara itu jauh lebih sulit," imbuhnya.

 
Sementara itu Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Kemenparekraf, Wawan Gunawan, mengatakan Kemenparekraf hadir untuk mendampingi untuk membangun keyakinan wisatawan lokal maupun mancanegara. Perbaikan toilet dan penambahan fasilitas lain untuk menunjang kebersihan, kesehatan, keamanan, serta kenyamanan wisatawan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. 

 

“Kita harus meyakinkan wisatawan bahwa destinasi wisata sudah siap dan kita menerapkan protokol kesehatan yang ketat, bahkan hingga ke toilet,” kata Wawan Gunawan.

 

Lebih lanjut pihaknya menambahkan Program Revitalisasi Destinasi Wisata Bali memfokuskan pada perbaikan toilet dan fasilitas lain yang menunjang kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kenyaman. Program tersebut dicanangkan dalam rangka membangun kembali pariwisata di Bali khususnya di Kabupaten Klungkung.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com