Mendag Ajak Masyarakat Beli Produk Pernak-Pernik Bali - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

Post Top Ad

Responsive Ads Here

9/16/20

Mendag Ajak Masyarakat Beli Produk Pernak-Pernik Bali

 

Jakarta, dewatanews.com - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengajak masyarakat Indonesia membeli produk pernak-pernik buatan Indonesia dengan meluncurkan kampanye #BeliPernakPernikUnik sebagai tindak lanjut Program Bangga Buatan Indonesia (BBI)

“Indonesia dianugerahi kekayaan budaya yang melimpah, yang di dalamnya terdapat seni dan kerajinan yang harus dikembangkan serta dilestarikan. Hasil pernak-pernik kerajinan Indonesia mempunyai ciri khas yang unik di masing-masing daerah,” kata Mendag saat menghadiri peluncuran #BeliPernakPernikUnik yang disiarkan virtual di Jakarta, Rabu (16/9).

Misalnya pernak pernik mutiara di Nusa Tenggara Barat (NTB) serta pernak pernik kerang dari Bali dan aneka pernak-pernik lain dari berbagai daerah.

Mendag menyampaikan di tengah COVID-19, UMKM diharapkan mampu memainkan perannya sebagai penopang perekonomian bangsa yang mampu menjaga daya beli masyarakat.

UMKM diharapkan mampu menjaga kontribusi 60 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB), menyerap 90 persen tenaga kerja dari total 133 juta angkatan kerja, serta sumbangsih 14 persen dari total ekspor.

Di saat bersamaan, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah mengubah pola konsumsi masyarakat, di mana penjualan daring dapat menjadi solusi untuk bertahan di tengah pandemi.

“Hal yang perlu segera dijawab adalah bagaimana tantangan saat ini dapat dimanfaatkan dengan potensi yang dimiliki. Dalam hal ini, bagaimana nilai konsumsi dalam negeri yang besar dapat berkontribusi membantu UMKM tetap bertahan, beradaptasi, bahkan berkembang dari kebisaan baru masyarakat yang serba digital,” ujar Mendag.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, lanjut Mendag, pada saat pandemi Indonesia harus bisa berdiri di atas kaki sendiri dan harus mampu menyelesaikan masalah dan tantangan sendiri.

Potensi Bangsa Indonesia, terutama tingkat konsumsi dalam negeri yang sangat besar, nampaknya juga menjadi daya tarik bagi pelaku usaha dari negara lain.

“Hal ini dapat dilihat dari bagaimana mereka berlomba-lomba merebut pasar Indonesia dengan produk-produk impor mereka," katanya.

Untuk menjaga pasar dan daya saing produk yang dihasilkan produk UMKM, Kemendag menginisiasi kampanye #BeliPernakPernikUnik.

“Kecintaan dan kebanggaan kita terhadap Indonesia perlu diwujudkan dalam sebuah tindakan nyata, sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian bangsa di masa pandemi ini,” pungkas Mendag.

Pada kesempatan tersebut, Mendag juga meluncurkan beberapa program seperti virtual expo, BBI Kemendag, lomba video pernak-pernik unik, gerobak dagang digital, dan video pemasaran online.

Peluncuran aktivitas tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk dan mentransformasikan UMKM dalam memasarkan produknya secara digital.

“Serta menggugah seluruh masyarakat untuk lebih bangga pada buatan Indonesia dan juga peduli, mencintai, dan membeli produk Indonesia,” ujar Mendag.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here