Film "Memargi Antar" dari Klungkung Raih "Most Watched Film Globally" - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

9/6/20

Film "Memargi Antar" dari Klungkung Raih "Most Watched Film Globally"

 

Klungkung, dewatanews.com - Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta bersama istrinya Sri Kasta menghadiri penyerahan penghargaan "Most Watched Film Globally" untuk film buatan sineas muda asal Klungkung berjudul "Memargi Antar" yang dilakukan secara virtual di Warung Rock And Rool, Kamasan, Klungkung.

"Penghargaan yang diraih akan mengangkat nama Klungkung di kancah dunia, sekaligus menumbuhkan minat dan bakat generasi muda untuk berkarya dan mengasah skill mereka serta membawa karya mereka ke panggung dunia," katanya dalam keterangan pers yang diterima dari Humas Pemkab Klungkung, Sabtu (5/9).

Di sela-sela penyerahan penghargaan untuk film berjudul "Memargi Antar" karya Ni Putu Mulyani itu secara virtual (4/9), Wabup mengharapkan seniman muda Klungkung untuk melanjutkan karya, kerja, dan terus berkarya.

Film yang berjudul "Memargi Antar" itu mengangkat tentang Mepandes yakni upacara potong gigi untuk menghilangkan sifat-sifat sad ripu dalam diri manusia yakni hawa nafsu, serakah, amarah, bermabuk-mabukan, iri hati dan bimbang.



"Memargi Antar" salah satu dari 16 film pendek dari 16 kota/kabupaten terpilih yang menjadi perhatian dunia yang kini mendapatkan penghargaan film yang paling banyak ditonton secara global di Viu Shorts Season 2.

Program Viu Shorts Season 2 telah digelar di 16 kota selama delapan bulan, mulai Agustus 2019 hingga Maret 2020. Selama delapan bulan, tim Viu Shorts menjadi saksi antusiasme dan kreativitas pelajar, yang umumnya berusia 14-19 tahun, di berbagai daerah di Indonesia dalam mengangkat kearifan lokal.

Secara terpisah, sineas muda Klungkung yang juga sebagai sutradara dari film “Mamargi Antar”, Ni Putu Mulyani, mengaku bangga karena dirinya bersama teman-teman yang lain diberi kesempatan untuk mewakili Kota Klungkung untuk membuat sebuah film yang mengungkit tentang mitos dan kebudayaan Kota Klungkung.

Sementara itu, Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta, memberikan selamat atas penghargaan yang diraih, sekaligus mengangkat nama Klungkung di kancah dunia mengatakan, tentu mendukung industri kreatif dengan memberdayakan bakat-bakat generasi muda Klungkung.

"Lanjutkan karyamu, lanjutkan kerjamu, kami akan mendukung serta mengapresiasi kerja karya atau kerja nyata dari anak-anak generasi muda di Klungkung, sehingga nantinya bisa lebih mengangkat nama klungkung dari seni budaya dan mengangkat kearifan lokal yang dimiliki ke kancah dunia," katanya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com