Dalam Dua Bulan Terakhir, Terjadi 38 Kasus Kebakaran di Buleleng - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

9/21/20

Dalam Dua Bulan Terakhir, Terjadi 38 Kasus Kebakaran di Buleleng

 

Buleleng, dewatanews.com - Musim kemarau panjang serta angin kencang yang terjadi khususnya di Kabupaten Buleleng selama bulan Agustus hingga September menyebabkan kasus kebakaran lahan terjadi di beberapa desa.

Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Sarpras, Pemadam Kebakaran Kabupaten Buleleng Putu Pasek Sujendra mengungkapkan sejumlah kasus di dua bulan terakhir mencapai 38 kasus yang tersebar di tiga wilayah yaitu Buleleng Barat, Tengah, dan Timur.

Kebakaran tersebut terjadi disebabkan beberapa hal, akan tetapi kasus yang paling banyak disebabkan karena ulah oknum yang melakukan pembakaran sampah sehingga menimbulkan kebakaran.

"Dengan kemarau panjang seperti sekarang, kami dari dinas kebakaran setiap harinya tidak pernah off, kadang 2-3 kali baik daerah barat, tengah dan timur, 99 persen kebakaran tersebut lebih dominan diakibatkan oleh oknum manusia," jelasnya, saat di konfirmasi Senin (21/9) siang

Ia juga menambahkan beberapa wilayah yang saat ini masuk dalam kategori urgent diantaranya Kecamatan sawan dan Kecamatan Kubutambahan, Kecamatan Buleleng, Kecamatan Sukasada, dan Kecamatan Banjar, dan Kecamatan Busungbiu, akan tetapi Kecamatan yang paling besar peluangnya yakni Kecamatan Grokgak justru pihaknya mengungkapkan belum terjadi kasus.

"Ini berarti masyarakat di Kecamatan Grokgak sudah sadar, selain itu kami dari Pemadam Kebakaran sudah melaksanakan kegiatan simulasi tentang penyuluhan bahaya kebakaran di berbagai desa yang ada di wilayah Kabupaten Buleleng," imbuhnya.

Tidak hanya itu,  pihaknya juga menyebutkan untuk luas kebakaran lahan yang terjadi beraneka ragam ukurannya akan tetapi beberapa yang paling luas, pihaknya mengatakan sekitar 3-4 hektar, sementara itu untuk luas lahan yang paling kecil bisa mencapai setengah hektar. Namun pihaknya sangat mengapresiasi bantuan dan kerjasama masyarakat, Kepala Desa, TNI, Polri yang selalu siap bahu membahu membantu.
 
"Untuk luas hutan yang terbakar itu bermacam-macam yang paling luas itu di Desa Jagaraga, Sawan dengan luas mencapai 3-4 hektar kemudian yang paling kecil kira kira setengah hektar," tutupnya. (DN - KrS)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com