Rai Mantra Apresiasi Peluncuran Uang Baru Nominal Rp.75 Ribu - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

8/19/20

Rai Mantra Apresiasi Peluncuran Uang Baru Nominal Rp.75 Ribu

 

Denpasar, dewatanews.com - Kementerian Keuangan bersama Bank Indoenesia secara resmi meluncurkan Uang Kertas Baru dengan nominal Rp. 75 Ribu. Peluncuran uang baru dalam rangka HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 ini mendapat apresiasi berbagai pihak. Salah satunya Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra yang mengapresiasi diluncurkannya uang kertas baru ini.

"Peluncuran uang pecahan Rp. 75 ribu ini merupakan momentum sejarah bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI ke-75 tahun yang disimbolkan  dalam pecahan Uang Rp. 75 ribu juga tersirat kebhinekaan dan rasa optimis Indonesia Maju," ujar Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra saat menerima Cinderamata Uang Pecahan Rp. 75 ribu dari Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali, Trisno Nugroho di Denpasar, Rabu (19/8).

Lebih lanjut Rai Mantra berharap, selain menjadi kado indah HUT Kemerdekaan RI ke-75, semoga dengan peluncuran uang ini juga dapat menopang pertumbuhan ekonomi, dan bagaimana kita menyesuaikan kesehatan dan keseimbangan ekonomi masyarakat

Berkaitan dengan Kain Gringsing Bali, Rai Mantra mengaku sangat bangga. Hal ini lantaran Motif Tenun Gringsing khas Bali memiliki nilai yang tinggi sebagai sebuah karya kerajinan khas Bali dengan kearifan lokal yang khas. Dimana, kekhasan tenun ini memang tidak dapat dijumpai di daerah lain.

"Dalam pembuatanya, Tenun Gringsing sangat khas dan berkearifan lokal baik dari segi motif dan proses, tentu sebagai masyarakat Bali kami sangat bangga, dan tentunya ini dapat menjadi ajang memperkenalkan Tenun Gringsing lebih luas lagi, serta sebagai bentuk dukungan penguatan kebudayaan baik tengible dan intengible serta tradisi dan kearifan lokal di Bali,"

Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali, Trisno Nugroho mengatakan bahwa tema yang hadir dalam uang tersebut yakni mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebinekaan, dan menyongsong masa depan gemilang.

Selain itu, pemilihan tenun songket Indonesia menggambarkan keagungan, keanggunan dan kesucian dari kekayaan Indonesia. Tentu Jajaran BI ingin memberikan apresiasi kepada Bali dengan kebudayaan, tradisi, serta kerajinannya yang khas dan unik.

Trisno Nugroho menjelaskan,  berbagai ikon dalam pecahan uang 75 ribu baru ini memiliki makna yang mendalam. Seperti halnya sebagai tekad untuk optimis Indonesia menyongsong masa depan yang gemilang, dengan Indonesia maju dalam kebhinekaan yang digambarkan dengan 9 orang dengan pakian adat yang merupakan SDM unggul Indonesia.

"Ada pula ikon pembangunan berupa MRT dan Jembatan yang menggambarkan capaian Indonesia dalam pembangunan selama 75 tahun ini," jelas Trisno Nugroho

Khusus untuk bali, lanjut Trisno Nugroho bahwa Bank Indonesia pusat memberikan quota sebanyak 1 juta lembar lebih. Sehingga masyarakat yang ingin memiliki dapat menukarkanya di BI. Untuk penukaranya pun sangat mudah, didahului dengan pemesanan dan memilih lokasi dan tanggal penukaran UPK secara online melalui https://pintar.bi.go.id  Dan mulai 2 Oktober dapat diakses di Bank Umum lainya di seluruh Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com