Plastic Ekchange, Warga Desa Kenderan Tukar Sampah dengan Beras - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

Post Top Ad

Responsive Ads Here

8/9/20

Plastic Ekchange, Warga Desa Kenderan Tukar Sampah dengan Beras

 

Gianyar, dewatanews.com - Prihatin  akan banyaknya tebaran sampah plastik di wilayahnya, warga Desa Kenderan, Kecamatan Tegallalang, Gianyar Bekerjasama dengan Yayasan Tegallalang Resik Pertiwi dan  Komunitas Clean Up Tegallalang (CUT),  ( 9/8 ) gelar aksi bersih sampah.
 

Aksi ini terinspirasi dari postingan akun FB Nyoman Parta tentang kegiatan PLASTIC EXCHANGE di Banjar Wangbung, Guwang, Sukawati dan dilanjutkan koordinasi dengan I Nyoman Parta salah satu anggota DPR RI asal Sukawati, untuk melaksanakan kegiatan PLASTIC EXCHANGE (Penukaran Poin Plastik Bekas Dan Kertas Dengan Beras) di Desa Kenderan.
 

Kegiatan ini bisa terselenggara berkat dukungan dana dari donatur, untuk pelaksanaan kegiatannya  Yayasan Tegallalang Resik Pertiwi dan CUT bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Kenderan dan Desa Adat. I Nyoman Buda Antara Ketua CUT Tegallalang,  terpanggil ikut berkontribusi membantu Pemerintahan Desa untuk mengatasi permasalahan tebaran sampah plastik tersebut.

 

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengedukasi masyarakat agar mengelola dengan memilah sampah dari sumbernya", ungkapnya
 

Yang menarik bersih sampah dari hulu ini,  sampah plastik bekas dan kertas kardus ditukar dengan beras untuk memotivasi masyarakat memungut dan  mengumpulkan plastik bekas dan benda bekas pakai lainnya agar tidak lagi dibakar atau berserakan disekitar lingkungan,  termasuk mencemari sungai serta persawahan petani.
 

Buda Antara bersama anggota CUT lainnya merasa terpanggil ikut berkontribusi membantu Pemerintahan Desa Kenderan untuk mengatasi permasalahan tebaran sampah plastik tersebut.

 

"Sejatinya kegiatan ini kami persiapkan hanya dalam waktu 4 hari," bebernya.
 

 

Sempat pesimis awalnya ia dan anggota CUT lainnya sangat pesimis, namun sebaliknya warga datang berbondong-bondong membawa plastik bekas dan kertas kardus ke lokasi kegiatan di Balai Serbaguna Desa Adat Manuaba.


Hasil  yang dikumpulkan pun cukup banyak, plastik bekas dan kardus yang berhasil dikumpulkan sebanyak 2 truk besar (1,7 ton).
Ini bersumber dari 10 banjar dinas yang ada di Desa Kenderan. Diyakini jumlah plastik bekas masih banyak yang belum disetorkan oleh warga mengingat waktu sosialisasi yang sangat singkat.
 

Selain warga  acara ini juga dihadiri I Nyoman Parta (Anggota DPR RI),  PLT. Camat Tegallalang, Kepala Desa Kenderan, semua Bendesa Adat dan para Donatur.
Berharap kedepannya kegiatan seperti ini bisa diselenggarakan terus menerus dalam kurun waktu setiap 2-3 bulan oleh Pemerintahan Desa Kenderan dengan dukungan Dana Desa. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here