Pemkab Buleleng Terus Kembangkan Desa Wisata - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

Post Top Ad

Responsive Ads Here

8/22/20

Pemkab Buleleng Terus Kembangkan Desa Wisata

 

Buleleng, dewatanews.com - Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng untuk mendorong sektor pariwisata. Salah satunya dengan mengembangkan konsep desa wisata terutama yang berbasis kearifan lokal. 


Hal tersebut diungkapkan Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana saat meninjau lokasi rencana pembangunan Waterbom di Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Jumat (21/8).

Agus Suradnyana menjelaskan konsep desa wisata tidak hanya mendongkrak pariwisata tapi juga mampu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat pedesaan. Menurutnya, pengembangan desa wisata ini memiliki peluang besar mengingat saat ini sudah terbentuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di masing - masing Desa. Keberadaan Bumdes bisa menjadi pemicu dan pemacu untuk mendongkrak seluruh pertumbuhan baik ekonomi, budaya dan sosial di pedesaan. "Untuk saat ini Desa sudah memiliki Bumdes. Selama ini kita ketahui bahwa banyak Bumdes yang bergelut di desa wisata dan mendorong produk Usah Kecil Menengah (UKM)," jelasnya.

Di lokasi peninjauan, dirinya mengungkapkan Desa Panji yang terletak pada 315 meter dari permukaan laut dan luas wilayah mencapai 1061 hektar, sangat cocok untuk membangun wisata alam berbasis wahana air seperti river slide. Hal ini dikarenakan adanya air dengan topografi yang cukup curam."Saya memberikan saran kepada Bumdes Bhuana Utama Desa Panji untuk membuat tubing atau sejenis river slide. Hal ini dikarenakan kapasitas air yang ada di Desa Panji pada musim kemarau tidak berkurang," ungkap Agus Suradnyana.

Sementara itu, Kepala Desa Panji Jero Mangku Made Ariawan mengatakan dengan adanya sejarah Buleleng, Desa Panji serius untuk mengembangkan Potensi wisata yang ada di Desa."Hari ini Bupati Buleleng hadir di Desa Panji untuk mengembangkan wisata air dengan konsep river slide dan juga wahana air diantara persawahan," ujarnya.

Dibangunnya wahana ini, kepala desa yang akrab disapa Mangku Panji ini menyebutkan, melalui wahana ini diharapkan tidak hanya mendongkrak pariwisata. Tapi juga mampu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat pedesaan."Efek dominonya nantinya akan membantu produk yang ada di Desa Panji mulai dari beras padi organik yang ada di Desa Panji dan juga produk dari Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Panji seperti sari jahe merah," sebut Made Ariawan.

Made Ariawan berharap pembangunan wanaha air dengan konsep river slide ini segera terwujud dan Pemkab Buleleng mengapresiasi maksud serta tujuan dari Pemerintah Desa Panji maupun Bumdes Bhuana Utama Desa Panji. "Semoga dengan konsep - konsep wisata seperti sekarang ini bisa terwujud di Desa Panji,” pungkasnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here