Pangdam IX/Udayana : Hadirlah Sebagai Pemimpin Yang Senantiasa Tampil dengan Keteladanan - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

8/5/20

Pangdam IX/Udayana : Hadirlah Sebagai Pemimpin Yang Senantiasa Tampil dengan Keteladanan


Badung, dewatanews.com - Sebagai seorang pimpinan, harus mengenal dan mengetahui secara utuh peran, tugas dan fungsi yang ditetapkan terhadap satuan yang dipimpin, maka akan dapat merespon dengan baik setiap permasalahan yang ada di satuan guna mencarikan solusi yang tepat sekaligus mengembangkan potensi yang ada melalui pembinaan satuan.

Demikian disampaikan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara dalam sambutannya saat acara Penutupan Apel Dansat Tersebar Kodam IX/Udayana TA. 2020 yang dihadiri sekitar 163 orang peserta, di Ballroom Klapa Resort/Beach club Kawasan Bali Pecatu Graha (BPG) Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, pada Rabu (5/8).

Apel Dansat yang dilaksanakan sejak Senin (3/8) lalu, memberikan perhatian khusus terkait dengan tahun politik pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020, yang mengatakan bahwa komitmen TNI sudah jelas yaitu Bersikap Netral sebagaimana diamanatkan di Undang-Undang RI No 34 tahun 2004 tentang TNI, yang dalam pasal 2 ditegaskan bahwa tentara yang profesional adalah tentara yang tidak berpolitik praktis.

Dalam kegiatan tersebut, Pangdam menekankan beberapa hal yang harus dipedomani dan dilaksanakan yaitu mantapkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam diri Prajurit, pahami kembali teori dan praktek dasar-dasar ilmu keprajuritan serta implementasikan ilmu kepemimpinan lapangan untuk menghadapi dinamika dan tantangan tugas yang semakin kompleks.

"Bangun militansi prajurit yang memiliki moralitas dan etika keprajuritan yang tinggi, prajurit yang rela berkorban dan pantang menyerah serta senantiasa menyatu dengan rakyat, sehingga dapat membudayakan saling berbagi pengalaman dan tukar informasi antara pemimpin dengan yang dipimpin guna mendukung keberhasilan dalam pembinaan satuan", jelas Pangdam.

Selain itu, Pangdam juga menekankan agar pelihara dan tingkatkan kemampuan jasmani perorangan dan satuan demi terwujudnya postur prajurit yang tangguh dalam melaksanakan tugas dan tingkatkan kewaspadaan serta ketanggap-segeraan satuan terhadap setiap perkembangan situasi dengan melaksanakan budaya deteksi dini dan lapor cepat sehingga sekecil apapun permasalahan yang ada dapat ditangani dengan baik, cepat dan maksimal.
 
"Hadirlah sebagai pemimpin yang senantiasa tampil dengan keteladanan, kepedulian dan selalu di dambakan kehadirannya oleh anak buah karena hal itu merupakan kunci keberhasilan dalam pembinaan satuan dan pelaksanaan tugas", tegas Pangdam.

Pada acara penutupan Apel Dansat ini juga diselingi dengan ceramah motivasi dari Gusti Ngurah Anom (Ajik Krisna) yang merupakan Owner dari Krisna Oleh-oleh serta satu-satunya orang miskin saat di kampung halamannya dan sekarang merupakan salah satu orang tersukses di Bali saat ini. Selain itu ada juga ceramah dari seorang motivator terkenal Indonesia yaitu Dr. Aqua Dwipayana, S.I.Kom., yang merupakan seorang mantan wartawan Indonesia dan sekarang berprofesi sebagai konsultan komunikasi.

Pejabat yang hadir pada upacara penutupan Apel Dansat tersebut diantaranya Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 162/WB, Danrem 163/WSA,   Danrindam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, para Asisten Kasdam IX/Udayana, para Komandan/Kepala Balak satuan jajaran Kodam IX/Udayana serta LO AL dan LO AU.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com