Pendampingan Orang Tua Sangat Dibutuhkan Dalam Proses Pendidikan Anak - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

Post Top Ad

Responsive Ads Here

7/17/20

Pendampingan Orang Tua Sangat Dibutuhkan Dalam Proses Pendidikan Anak


Denpasar, dewatanews.com - Peran orang tua sangat diperlukan untuk tumbuh kembang anak. Selain itu manfaat pendampingan orangtua untuk pendidikan anak yang baik. Masa kanak - kanak merupakan fase dalam hidup manusia yang sangat menentukan bagaimana kondisi dan kemampuan yang dimilikinya ketika dewasa. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Dikpora Provinsi Bali, I Ketut Ngurah Boy Jayawibawa dalam acara dialog Perempuan Bali Bicara, di Denpasar, Jumat (17/7).

"Setiap orang tua tentu memiliki harapan yang positif agar anaknya dapat memiliki perkembangan kemampuan yang baik. Untuk mendapatkan perkembangan kemampuan tersebut, maka anak haruslah mendapatkan pembelajaran dalam pendidikan anak yang berkualitas.," jelasnya.

Dikatakan Boy Jayawibawa, pendidikan anak yang berkualitas tentu tidak didapatkan dengan hanya menyekolahklan anak saja namun ada juga peran yang harus dilakukan oleh orang tua. Melakukan pendampingan terhadap anak selama masa pendidikan tertentu dengan cara yang berbeda pada setiap jenjang pendidikan menjadi hal yang akan memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan kemampuan akademis anak.

"Untuk lebih memberikan gambaran yang jelas terhadap orang tua, beberapa penjelasan mengenai manfaat pendampingan orang tua untuk pendidikan anak, di antaranya memberikan semangat bagi anak," ujarnya.
 
Dikatakannya, bentuk pendampingan yang paling sederhana untuk anak dalam proses pembelajarannya seperti mengantarkan anak sekolah terutama untuk hari pertama sekolahnya serta menyiapkan segala kebutuhan perlengkapan yang diperlukan. Selain itu, membantu anak menyelesaikan kesulitan dalam belajarnya Setiap menjalani proses pendidikan, setiap anak pernah menemukan berbagai bentuk kesulitan dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh sekolah. Melalui pendampingan yang dilakukan oleh orang tua maka berbagai macam persoalan yang menyulitkan anak seharusnya dapat terselesaikan dengan baik atas bantuan dari orang tua.

"Orang tua juga harus mengajarkan proses penyelesaian permasalahan tersebut agar anak dapat belajar untuk mengatasi masalah yang sama di kemudian hari. Mengawasi perkembangan anak dan setiap orang tua tentu menginginkan agar proses pendidikan yang diterima anak berjalan dengan baik. Melalui pendampingan maka orang tua akan secara leluasa mengawasi perkembangan yang terjadi pada anak apakah menuju arah yang positif atau menunjukkan keadaan yang tidak baik bagi pendidikannya," tambahnya.
 
Selain itu, pendampingan orang tua bertujuan untuk menjaga niat belajar anak. Karena niat dalam belajar kerap kali menurun pada anak akibat berbagai alasan seperti pengaruh lingkungan dan karerna kondisi anak yang bosan dengan pendidikannya. Untuk menjaga agar niat belajar yang dimiliki anak tetap terjaga, maka pendampingan orang tua sangat dibutuhkan dalam proses pendidikan anak.

"Menjadikan anak berprestasi melalui pendampingan dan hubungan emosional antara anak dan orang tuanya maka banyak anak dapat memperolah pencapaian hasil pendidikannya yang baik hingga memperoleh prestasi," imbuhnya.

Lebih lanjut, menindaklanjuti Surat Edaran Mendikbud RI Nomor 4 tahun 2020 tahun ajaran 2020-2021 masih menggunakan sistem online interaktif (dalam jaringan/ daring). Sedangkan untuk daerah pedesaan yang susah jaringan internet diperkenankan menggunakan WhatsApp atau SMS. Roadmap pendidikan yang memang pada dasarnya mengarah pada teknologi dan informasi harus dilakukan dalam waktu yang lebih cepat mengingat suasana wabah pandemi Covid-19 saat ini.

"Pendampingan oleh orangtua wajib dilakukan sebelum sistem pembelajaran mulai, saat pembelajaran terlaksana dan sesudah pembelajaran sistem daring selesai. Selain sistem interaktif online, yang paling efektif adalah grup WhatsApp sebagai upaya percepatan informasi," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Boy Jayawibawa, teknis sarana prasarana bagi orangtua/ siswa yang berada jauh dari koneksi internet bahkan merupakan keluarga yang kurang mampu, maka semuanya keperluan yang berkaitan dengan sistem belajar-mengajar di masa pandemi sudah di alokasikan menggunakan dana BOS Pusat yang di regulasi dengan bantuan langsung tunai di alokasikan oleh Dinas sesuai arahan Gubernur Bali. Untuk sekolah swasta di akomodir oleh pemerintah selama tiga bulan.

"Stres akan menyebabkan imun anak anak turun, karena ketakutan orangtua yang menyebabkan kepanikan tersendiri yang dialami oleh orangtuanya. Toleransi jam berkurang dengan tujuan utama setiap pembelajaran dapat di tangkap maksimal oleh siswa, dan orangtua disarankan untuk tidak lebih tahu karena anak pastinya memahami kegiatan pembelajaran yang harus mereka laksanakan sesuai dengan peraturan sekolahnya," cetusnya.

Monitoring daring dilakukan melalui laporan dari Kepala Sekolah ke dinas Dikpora. Sedangkan Kontrol terhadap guru juga dilakukan monitoring waktu dan kurikulum yang sudah di transfer kepada siswa-siswanya melalui laporan setiap saat dilakukan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga. 

"Untuk memaksimalkan pengajaran melalui interakasi online khususnya yang semi daring (WA dan SMS), maka pihak sekolah terutama guru dan wali kelas lebih aktif memberikan tugas dan mengusahakan untuk tidak bertatap muka," ujar Boy Jayawibawa.

Meskipun terdapat tantangan bagi siswa dan guru, di balik kerinduan siswa siswa dengan teman dan gurunya, namun jangan sampai terjadi tatap muka sebelum adanya perubahan kebijakan dari Kepala Daerah (dalam hal ini Gubernur Bali). 

"Kepala sekolah jangan mengambil kebijakan sendiri untuk melakukan tatap muka dengan siswa dan usahakan ikuti peraturan dari kepala daerah dulu," katanya. (DN - RLS)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here